Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:49 WIB | Senin, 07 November 2016

Presiden Syukuri Pertumbuhan Ekonomi RI di Atas 5 Persen

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (kiri) saat memberikan keterangan usai menemui prajurit TNI di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta, hari Senin (7/11). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bersyukur atas laporan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2016 masih di atas 5 persen (5,02 persen tahun ke tahun).

"Perkiraan kita di bawah 5 digit (persen), Alhamdulillah di atas 5 digit (persen)," kata Presiden usai upacara pengarahan kepada 2.185 prajurit TNI di halaman Markas Besar Angkatan Darat Jakarta, hari Senin (7/11).

Presiden memperkirakan pada kuartal IV pertumbuhan ekonomi akan lebih baik karena didorong meningkatnya penyerapan dan belanja negara.

"Kuartal IV penggunaan anggaran itu mulai besar-besaran. Kita harapkan dengan realisasi pembayaran, realisasi penggunaan anggaran itu (pertumbuhan ekonomi) akan lebih baik," harapnya.

Jokowi juga mengingatkan untuk tetap mewaspadai pengaruh perekonomian dunia yang masih turun terhadap perekonomian Indonesia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal III sebesar 5,02 persen atau lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan kuartal II yang tercatat 5,18 persen (year on year).

Kepala BPS Suhariyanto, hari Senin (7/11) mengatakan alasan utama adalah kondisi ekonomi dunia pada kuartal III masih belum stabil dengan tingkat pertumbuhan yang tidak merata.

"Ekonomi beberapa negara mitra dagang yang sebagian besar tumbuh melambat di kuartal III," kata Suhariyanto.

Dia mencontohkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok stagnan 6,7 persen. Pertumbuhan ekonomi Singapura melambat dari 2 persen menjadi 0,6 persen. Sedangkan ekonomi Korea selatan juga melambat dari 3,3 persen jadi 2,7 persen.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home