Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:18 WIB | Senin, 11 April 2022

Presiden Ukraina: Serangan di Stasiun Adalah Kejahatan Perang Rusia Yang Lain

Presiden Ukraina: Serangan di Stasiun Adalah Kejahatan Perang Rusia Yang Lain
Prajurit Ukraina berdiri di samping pecahan rudal Tochka-U dengan tulisan dalam bahasa Rusia "Untuk anak-anak", di atas rumput setelah penembakan Rusia di stasiun kereta api di Kramatorsk, Ukraina, Jumat, 8 April 2022. (Foto: AP/Andriy Andriyenko)
Presiden Ukraina: Serangan di Stasiun Adalah Kejahatan Perang Rusia Yang Lain
Pemandangan barang-barang milik orang dan noda darah di tanah setelah serangan rudal di stasiun kereta api di Kramatorsk, Ukraina, dalam gambar ini diunggah pada Jumat, 8 April 2022 dan diperoleh dari media sosial. (Foto: Kementerian Pertahanan Ukraina/via Reuters)

LVIV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengecam serangan rudal di stasiun kereta api di wilayah timur sebagai kejahatan perang Rusia lainnya, dan mengatakan Ukraina mengharapkan tanggapan global yang keras.

“Seperti pembantaian di Bucha, seperti banyak kejahatan perang Rusia lainnya, serangan rudal di Kramatorsk harus menjadi salah satu dakwaan di pengadilan yang harus digelar,” katanya dalam pidato video malamnya kepada negara itu, Jumat (8/4).

Presiden mengatakan kepada warga Ukraina bahwa upaya besar akan diambil "untuk menetapkan setiap menit siapa yang melakukan apa, siapa yang memberi perintah apa, dari mana rudal itu berasal, siapa yang mengangkutnya, siapa yang memberi perintah dan bagaimana serangan ini disetujui," sehingga mereka yang ada di balik serangan itu akan dimintai pertanggungjawaban.

Zelenskyy berterima kasih kepada Uni Eropa atas komitmennya untuk membantu menyelidiki kejahatan perang Rusia. Dia mengatakan dia berbicara dengan Presiden Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen, hari Jumat dan mendesak Uni Eropa untuk memberlakukan embargo penuh pada minyak dan gas Rusia.

“Ekspor energilah yang memberikan bagian terbesar dari pendapatan Rusia dan memungkinkan para pemimpin Rusia untuk percaya pada impunitas mereka,” kata Zelenskyy. “Itu memungkinkan mereka untuk berharap bahwa dunia akan mengabaikan kejahatan perang yang dilakukan oleh tentara Rusia.”

Zelenskyy juga menyerukan untuk sepenuhnya mengecualikan semua bank Rusia dari sistem keuangan global dan mengulangi seruannya untuk lebih banyak bantuan senjata.

Pasukan Rusia Hancur di Sekitar Kiev

Sementara itu, seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat mengatakan Pentagon telah menetapkan bahwa beberapa unit tempur Rusia yang mundur dari daerah Kiev dalam beberapa hari terakhir rusak parah dan habis sehingga utilitas tempur mereka dipertanyakan.

Pejabat itu menggambarkan unit-unit ini sebagai "untuk semua maksud dan tujuan hilang," dengan hanya sejumlah kecil pasukan dan senjata yang tersisa. Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian internal militer AS, tidak mengatakan berapa banyak unit yang mengalami kerusakan parah.

Pejabat itu mengatakan beberapa unit tempur yang menarik diri dari daerah Kiev mulai bergerak menuju kota Belgorod dan Valuyki di Rusia untuk membangun kembali dan memasok persenjataan sebelum kemungkinan dikerahkan ke wilayah Donbas di Ukraina.

Pejabat itu juga mengatakan AS telah melihat ribuan pasukan tambahan Rusia bergabung ke pasukan tempur yang telah digunakan Moskow di dan sekitar kota Kharkiv di Ukraina.

Pejabat itu mengatakan bahwa AS yakin Rusia telah kehilangan 15 hingga 20 persen kekuatan tempur yang telah dikumpulkannya di sepanjang perbatasan Ukraina sebelum meluncurkan invasinya pada 24 Februari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home