Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:06 WIB | Kamis, 27 Februari 2014

Ukraina Bahas Kandidat Kabinet Baru

Ketua oposisi dari Partai Batkivshchyna Ukraina, Arseniy Yatsenyuk (kanan) memegang tangan tokoh oposisi Ukraina, Yulia Tymoshenko, saat dia akan berbicara di Lapangan Kemerdekaan pada 22 Februari, setelah parlemen memutuskan mengadakan pemilihan presiden awal bulan Mei. (Foto: kyivpst.com/AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Politisi dan aktivis sipil Ukraina tengah berupaya membentuk pemerintah persatuan baru agar segera bernegosiasi mendapatkan dana talangan dari Barat, termasuk mungkin dari Rusia.

Perekonomian Ukraina melemah dari hari ke hari setelah krisis potilik dan pemerintahan serta mengalami kesulitan pembayaran kembali utang bernilai miliaran dolar Amerika Serikat. Nilai tukar mata uang Ukraina juga merosot tajam.

Dana cadangan negara itu makin rendah dan pada tingkat US$ 15 miliar, serta produk domestik bruto tinggal US$ 200 miliar.

Tentang siapa yang akan duduk di kabinet untuk menghadapi masalah itu, masih dalam pembahasan hingga Kamis (27/2) ini. Turchynov, mantan wakil perdana menteri dan loyalis untuk mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko, dinilai para kritikus terlalu tua dan mewakili  wajah yang lelah dari politik Ukraina.

Olha Bohomolets, seorang dokter yang namanya melambung dalam merawat korban bentrokan dalam kerusuhan demonstrasi , menjadi kandidat yang populer untuk wakil perdana menteri urusan kemanusiaan.

Bohomolets berjanji membersihkan pemerintahan dari korupsi atau dia akan berhenti . "Jika saya melihat skema korup, saya akan datang kembali ke Maidan (Lapangan Kemerdekaan, tempat demonstrasi dilakukan selama berbulan-bulan-Red.) dan akan memimpin pelayanan medis lagi," kata dia.

Kandidat Parlemen Ukraina

Berikut ini naman-nama yang dinominasikan dalam kabinet sementara Ukraina. Posisi kadidat Perdana Menteri yang disebutkan adalah  Arseniy Yatseniuk (mantan menteri luar negeri).

Sedangkan Wakil Perdana Menteri bidang Integrasi Uni Eropa: Borys Tarasiuk (mantan menteri luar negeri), Wakil Perdana Menteri bidang Kebijakan Kemanusiaan: Olga Bohomolets, Wakil Perdana Menteri bidang Pembangunan Daerah: Volodymyr Hroisman (Wali Kota Vinnytsia).

Menteri-menteri adalah: Menteri Kehakiman: Pavlo Petrenko, Menteri Keuangan: Oleksandr Shlapak, Menteri Ekonomi: Pavlo Sheremeta, Menteri Luar Negeri: Andriy Deshchytsia, Menteri Kebudayaan: Yevhen Nischuk, Menteri Kesehatan: Oleh Musiy, dan Menteri Olahraga dan Pemuda: Dmytro Bulatov.

Menteri lainnya, Menteri Dalam Negeri: Arsen Avakov, Menteri  Sekretaris Kabinet: Ostap Semerak, Menteri Energi: Yury Prodan, Menteri Pendidikan: Serhiy Kvit (Presiden Kyiv Mohyla Academy), Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional: Andriy Parubiy, dan wakilnya: Viktoria Siumar.

Sedangkan Menteri Pertanian: Oleksandr Myrny, Menteri Pertahanan (akan diisi veteran perang Afganistan), Menteri Infrastruktur: (masih dalam negosiasi), dan Ketua Komisi Anti Korupsi: Tetyana Chornovol, serta Komite Pembersihan: Ihor Sobolev. (kyivpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home