Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:44 WIB | Sabtu, 29 Februari 2020

Prihatin Perebakan Virus Corona, AS Tangguhkan KTT AS-ASEAN

Presiden AS Donald Trump menggenggam tangan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc (kiri) pada KTT ASEAN 13 November 2017 di Filipina. (Foto:voaindonesia.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Amerika menangguhkan KTT dengan para pemimpin negara Asia Tenggara yang sedianya dilangsungkan 14 Maret mendatang, karena keprihatinan akan meluasnya wabah virus corona, demikian pernyataan seorang pejabat senior pemerintahan Trump Jumat (28/2) sore .

“Ketika komunitas internasional bekerja sama untuk melawan virus corona ini, Amerika setelah berkonsultasi dengan mitra-mitra ASEAN, telah membuat keputusan yang sulit untuk menangguhkan pertemuan para pemimpin ASEAN yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan Maret mendatang. Amerika menghargai hubungan dengan negara-negara di kawasan strategis ini, dan menantikan pertemuan lain di masa depan,” kata pejabat itu kepada VOA, yang dilansir voaindonesia.com, pada Sabtu (29/2).

Presiden Amerika Donald Trump telah mengundang 10 pemimpin negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN untuk bertemu di Las Vegas, meskipun ia tidak menghadiri KTT ASEAN sebelumnya di Bangkok, Thailand, November lalu.

Departemen Luar Negeri Amerika belum memberikan pernyataan terkait laporan ini.

Keputusan ini diambil di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa virus corona akan menyebar di Amerika ketika lebih dari 40 negara melaporkan penularan baru, sementara perusahaan-perusahaan mengumumkan pembatasan perjalanan karyawan mereka, dan anjloknya pasar-pasar saham dunia seminggu terakhir. (voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home