Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:57 WIB | Senin, 06 November 2023

Protes Serangan Israel ke Gaza Digelar di Beberapa Kota Dunia

Protes Serangan Israel ke Gaza Digelar di Beberapa Kota Dunia
Para pengunjuk rasa berbaris saat demonstrasi mendukung rakyat Palestina di Gaza, Sabtu, 4 November 2023 di Paris. (Foto: AP/Aurelien Morissard)
Protes Serangan Israel ke Gaza Digelar di Beberapa Kota Dunia
Para pengunjuk rasa memegang plakat dan bendera Palestina saat unjuk rasa pro Palestina di Trafalgar Square, London, hari Sabtu 4 November 2023. (Foto: Victoria Jones/PA via AP)

SATUHARAPAN.COM-Dari Washington di Amerika Serikat hingga Milan di Italia dan Paris, Prancis puluhan ribu demonstran pro Palestina melakukan unjuk rasa pada Sabtu (4/11), menyerukan penghentian pemboman Israel di Gaza.

Pawai tersebut mencerminkan meningkatnya kegelisahan mengenai meningkatnya jumlah korban sipil dan penderitaan akibat perang Israel-Hamas. Para pengunjuk rasa, khususnya di negara-negara dengan populasi Muslim yang besar, termasuk AS, Inggris dan Perancis, menyatakan kekecewaan mereka terhadap pemerintah mereka karena mendukung Israel sementara pemboman terhadap rumah sakit dan daerah pemukiman di Jalur Gaza semakin intensif.

Korban tewas warga Palestina dalam perang Israel-Hamas telah mencapai 9.448 orang, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas di Gaza. Di Israel, lebih dari 1.400 orang tewas, sebagian besar dari mereka tewas dalam serangan Hamas pada 7 Oktober yang mengawali perang.

Di AS, ribuan orang berkumpul di ibu kota negara untuk memprotes dukungan pemerintahan Biden terhadap Israel dan kampanye militernya yang berkelanjutan di Gaza. “Palestina akan bebas,” teriak para demonstran yang mengenakan keffiyeh hitam-putih saat bendera Palestina berukuran besar dikibarkan oleh massa yang memenuhi Pennsylvania Avenue, jalan menuju Gedung Putih.

Melontarkan kritik langsung terhadap Presiden Joe Biden, Renad Dayem dari Cleveland mengatakan dia melakukan perjalanan bersama keluarganya agar anak-anaknya tahu “rakyat Palestina tangguh, dan kami menginginkan seorang pemimpin yang tidak menjadi boneka pemerintah Israel.”

Lusinan kantong jenazah kecil berwarna putih dengan nama anak-anak yang terbunuh oleh rudal Israel berjajar di jalan dan para demonstran memegang tanda-tanda yang menyerukan gencatan senjata segera.

Para pengunjuk rasa memegang tanda dan spanduk dengan pesan-pesan seperti “Biden mengkhianati kita” dan “Pada bulan November kita ingat,” yang menyoroti bagaimana masalah ini dapat menjadi faktor dalam upaya Biden untuk terpilih kembali.

Jinane Ennasri, seorang warga New York berusia 27 tahun, mengatakan dukungan pemerintahan Biden terhadap Israel meskipun ribuan orang Palestina tewas telah membuatnya memikirkan kembali pemungutan suara pada pemilihan presiden tahun 2024, di mana Biden kemungkinan akan menghadapi calon terdepan dari Partai Republik, Donald Trump. “Kami mengira dia akan mewakili kami, namun ternyata tidak,” katanya, “dan generasi kami tidak takut untuk menempatkan pejabat terpilih pada posisi mereka.”

Ennasri, seperti banyak demonstran lainnya, mengatakan mereka kemungkinan besar tidak akan ikut serta dalam pemilu 2024.

Biden berada di Pantai Rehoboth, Delaware, pada akhir pekan dan tidak mengomentari protes tersebut. Dalam percakapan singkat dengan wartawan saat ia meninggalkan Gereja Katolik Roma St. Edmond pada hari Sabtu, ia menyatakan ada kemajuan dalam upaya AS untuk membujuk Israel agar menyetujui jeda kemanusiaan, dan menjawab “ya” ketika ditanya apakah ada kemajuan.

Steve Strauss, seorang warga Baltimore berusia 73 tahun, mengatakan dia adalah salah satu dari banyak orang Yahudi yang memprotes perlakuan Israel terhadap warga Palestina. “Mereka berusaha membunuh sebanyak mungkin warga Palestina,” kata Strauss. “Saya di sini untuk berdiri dan menjadi suara bagi orang-orang yang tertindas.”

Protes di Paris

Di Paris, beberapa ribu pengunjuk rasa menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan beberapa di antaranya meneriakkan “Israel, pembunuh!”

Spanduk di truk sound-system di Paris berjalan melalui jalan-jalan yang basah oleh hujan bertuliskan: “Hentikan pembantaian di Gaza.” Para pengunjuk rasa, banyak yang membawa bendera Palestina, meneriakkan “Palestina akan hidup, Palestina akan menang.”

Para pengunjuk rasa juga menyerang Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan meneriakkan “Macron, kaki tangan.”

Kepala polisi Paris mengizinkan unjuk rasa dari République ke Nation, dua plaza besar di timur Paris, namun berjanji bahwa perilaku apa pun yang dianggap antisemit atau bersimpati pada terorisme tidak akan ditoleransi.

Beberapa negara di Eropa telah melaporkan peningkatan serangan dan insiden antisemit sejak 7 Oktober.

Dalam sebuah serangan pada hari Sabtu, seorang penyerang mengetuk pintu seorang perempuan Yahudi di kota Lyon, Prancis dan, ketika dia membuka, berkata “Halo” sebelum menikam perutnya dua kali, menurut pengacara perempuan tersebut, Stéphane Drai, yang berbicara kepada penyiar BFM. Dia mengatakan polisi juga menemukan swastika di pintu rumah perempuan tersebut. Dia dirawat di rumah sakit dan nyawanya tidak dalam bahaya, kata pengacara tersebut.

Protes di London

Pada rapat umum di London, Kepolisian Metropolitan mengatakan petugasnya melakukan 11 penangkapan, termasuk satu orang atas tuduhan terorisme karena memasang plakat yang dapat memicu kebencian.

Kepolisian telah memperingatkan sebelumnya bahwa mereka juga akan memantau media sosial dan menggunakan pengenalan wajah untuk mengenali perilaku kriminal menggunakan kecurigaan bahwa mereka adalah pendukung Hamas, yang oleh pemerintah Inggris dianggap sebagai kelompok teroris.

Protes di Berlin

Di Berlin, sekitar 1.000 petugas polisi dikerahkan untuk memastikan ketertiban setelah protes pro Palestina sebelumnya berubah menjadi kekerasan. Kantor berita Jerman dpa melaporkan sekitar 6.000 pengunjuk rasa berbaris melalui pusat ibu kota Jerman.

Polisi melarang segala jenis pernyataan publik atau tertulis yang bersifat antisemit, anti Israel, atau mengagung-agungkan kekerasan atau teror. Beberapa ribu pengunjuk rasa juga berbaris melalui kota Duesseldorf di Jerman barat.

Pada hari Jumat, dua perempuan yang menghadiri unjuk rasa pro Palestina tiga pekan lalu didakwa berdasarkan Undang-undang Terorisme Inggris karena menampilkan gambar di pakaian paralayang mereka.

Dalam serangan mendadak pada 7 Oktober terhadap Israel, Hamas menggunakan paralayang untuk membawa beberapa pejuang melintasi perbatasan antara Gaza dan Israel selatan. Jaksa mengatakan gambar-gambar itu menimbulkan kecurigaan bahwa mereka adalah pendukung Hamas, yang oleh pemerintah Inggris dianggap sebagai kelompok teroris.

Protes di Rumania dan Italia

Di ibu kota Rumania, ratusan orang berkumpul di pusat Bukares, banyak yang mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan “Selamatkan anak-anak dari Gaza.”

Pada rapat umum yang dihadiri beberapa ribu orang di Milan, Matteo Salvini, wakil perdana menteri, berbicara menentang antisemitisme, dan menyebutnya sebagai “kanker, wabah yang mematikan, sesuatu yang menjijikkan.”

Di bagian lain Milan, unjuk rasa pro Palestina dihadiri sekitar 4.000 orang dan ada juga unjuk rasa yang dihadiri beberapa ribu orang di Roma. Yara Abushab, seorang mahasiswa kedokteran berusia 22 tahun dari Universitas Gaza, yang telah berada di Italia sejak 1 Oktober, termasuk di antara peserta dan menggambarkan 7 Oktober sebagai titik balik baginya.

“Mereka mengebom universitas saya, rumah sakit saya. Saya kehilangan banyak orang yang saya cintai dan saat ini terakhir kali saya mendengar sesuatu dari keluarga saya adalah seminggu yang lalu,” katanya. “Situasinya tidak dapat digambarkan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home