Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 13:29 WIB | Senin, 07 April 2014

PTKA Uji Coba Jalur di Lokasi Longsor

Kereta Api Malabar jurusan Bandung-Solo anjlok masuk jurang akibat bantalan rel mengalami longsor di lintasan kereta KM 244+0/1, Kadipaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (4/4) malam. (Foto: Antara)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – PT Kereta Api (PTKA) Indonesia akan melakukan uji coba rel baru di lokasi longsor di KM 244+0/1 di Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (7/4).

“Rencananya rel yang baru dipasang akan diuji coba pada Senin siang ini dengan menggunakan lokomotif CC-203, lokomotif yang biasa melintas di jalur itu,” kata Kepala Humas Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Senin.

Bila dalam uji coba jalur baru itu sudah tahan dan stabil, KA pertama akan melintas pada sore harinya di jalur itu.

Menurut Zunerfin, kemungkinan KA pertama yang akan melintas itu dari arah barat atau dari Stasiun Bandung.

Juru bicara PTKA Daop II Bandung itu menyebutkan, jalur di lokasi longsor yang mengakibatkan KA Malabar Bandung - Malang terguling itu dipindahkan sekitar tiga meter dari lokasi jalur semula.

“Relnya dipindahkan menjauh dari lokasi longsor sekitar tiga meter dan panjang ruang rel yang diperbaiki sepanjang 200 meter,” katanya.

Pemindahan rel baru itu dilakukan agar tahanan tanah di bantalan rel lebih kuat dan tidak mudah tergerus. Selain itu tikungannya menjadi lebih landai.

“Tikungan di lokasi itu lebih landai,” katanya.

Zunerfin menyebutkan, evakuasi kereta sudah selesai dan saat ini sudah ada di depo perawatan kereta. Terkait KA pertama yang akan melintas di lokasi itu, menurut dia, belum dipastikan, namun kemungkinan KA yang berangkat petang dari Bandung.

“Kita lihat kondisi jalur baru itu, bila uji coba sudah layak dilintasi, kita buka lagi jalur itu. Tentunya dengan kecepatan rendah,” katanya.

Selain itu, PTKA juga akan menempatkan petugas untuk melakukan pengawasan di posko di jalur itu. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home