Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 15:59 WIB | Minggu, 19 Februari 2017

Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru

Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan tur keliling gedung baru di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (19/2) yang diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak maupun elektronik. Para awak media diajak untuk melihat sejumlah ruang di antaranya ruang pemeriksaan, ruang kerja, serta ruang rumah tahanan yang letaknya berada di belakang gedung. (Foto-foto: Dedy Istanto)
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Para awak media yang mengikuti tur keliling gedung KPK baru harus melewati pengecekan yang dilakukan oleh petugas pengamanan.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Seorang pegawai menunjukan ruang tamu bagi para pengunjung yang berada di ruang belakang gedung KPK yang baru.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Salah satu ruang pemeriksaan yang berada di lantai 2 gedung KPK dilengkpai dengan satu unit komputer serta alat perekam dan juga kamera.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Ruang pemeriksaan yang berada di lantai 2 gedung KPK terdiri dari beberapa ruang yang dilengkapi peralatan dan perlengkapan pemeriksaan.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Seorang wartawan mengambil gambar ruang tatap muka bagi para tahanan yang bertemu dengan pihak keluarga yang berada di ruang belakang gedung KPK baru.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang (tengah) memberikan penjelasan kepada awak media saat mengunjungi ruang kerja divisi pemberitaan KPK yang berada di lantai 3.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Kantor tempat menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara, Pusat Informasi Publik, serta pelaporan gratifikasi yang berada di lantai dasar gedung KPK yang baru.
Puluhan Awak Media Tur Gedung KPK Baru
Maket gedung KPK yang baru berwarna Merah dan Putih berada di ruang lobby gedung terdiri dari 16 lantai dengan luas bangunan memiliki 39.292 meter persegi.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan tur berkeliling gedung baru yang diikuti oleh puluhan wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari Minggu (19/2).

“Saya masih banyak harapan dan rencana ke depan di tempat yang baru ini, di gedung KPK yang belum lama kita tempati. Walau masih banyak kekurangan, kita learning by doing saja, nanti kita akan adakan evaluasi, termasuk untuk kenyamanan teman-teman media di sini,” kata Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang saat memberikan keterangan.

Saut mengatakan, kegiatan tur keliling ini nanti akan dipandu oleh pihak penanggungjawab pengelola gedung, tentu ada protap areal mana saja yang boleh dan tidak boleh dikunjungi.

Tur keliling gedung KPK diawali dengan melakukan kunjungan ke ruang Perpustakaan, dilanjutkan dengan ruang tamu untuk para pengunjung. Kemudian tur dilanjutkan menuju lokasi penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), pelaporan gratifikasi, pusat informasi publik, serta ruang Direktorat Pengaduan Masyarakat (Dumas) yang berada dalam satu ruang.

Tur dilanjutkan ke ruang pemeriksaan bagi para tersangka maupun saksi yang berada di lantai 2 gedung KPK. Di lantai ini terdiri dari beberapa ruang yang masing-masing dilengkapi dengan komputer, alat perekam, serta cctv. Setelah dari ruang pemeriksaan, para awak media dibawa ke lantai 16 yang merupakan ruang serba guna yang untuk sementara dijadikan sebagai tempat ibadah salat Jumat bagi para karyawan.

Selanjutnya, tur dilanjutkan menuju bangunan rumah tahanan (Rutan) yang terletak di belakang gedung KPK. Rutan KPK terdiri dari beberapa ruang, menyesuaikan kapasitas orang, ada yang untuk satu orang, dua, bahkan lima orang. Dibagi menjadi dua ruang, yaitu ruang penjara untuk laki, dan ruang penjara untuk perempuan. Selain itu, terdapat juga ruang untuk bersosialisasi atau plaza, dan juga tempat untuk tatap muka atau kunjungan dengan pihak keluarga, atau teman dan lain sebagainya.

Gedung KPK Merah Putih terdiri dari 16 lantai yang terbagi menjadi tiga zona lantai Merah, Kuning, dan Hijau. Masing-masing warna memiliki akses yang berbeda bagi setiap pegawai dan karyawan. Luas bangunan memiliki 39.292 meter persegi yang terdiri dari dua basement untuk lahan parkir dan dapat menampung sekitar 286 kendaraan mobil.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home