Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:14 WIB | Selasa, 11 Januari 2022

Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa 5,5 di Halmahera Utara

Rumah yang rusak akibat gempa 5,5 di halmahera Utara, hari Senin (10/1). BPBD Kabupaten Halmahera Utara melaporkan dua warganya luka-luka dan puluhan rumah rusdak. (Foto: BPBD Kabupaten Halmahera Utara)

TOBELO, SATUHARAPAN.COM-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara melaporkan dua warganya luka-luka pasca gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,5 yang mengguncang Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada hari Senin, (10/1).

Selain dua korban luka, dilaporkan pula kerugian materil sebanyak 34 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, dan lima unit rumah rusak berat, tiga unit rumah ibadah rusak ringan dan satu unit kantor Desa Kusuri rusak ringan.

Dampak gempa terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tobelo Barat dan Kecamatan Kao Barat tepatnya di Desa Kusuri, Wangongira, Soamaetek, Pitago dan Kai.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,5 M dirasakan kuat masyarakat Halmahera Utara selama 4-6 detik menyebabkan masyarakat sempat panik dan keluar rumah. Gempa yang berpusat di darat lima kilometer barat daya Halmahera Utara dengan kedalaman 10 km ini tidak berpotensi tsunami.

BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga dalam menghadapi potensi bahaya gempa bumi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home