Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 10:12 WIB | Rabu, 27 Desember 2023

Puncak Arus Balik Diperkirakan Terjadi pada 1-2 Januari

Lalu lintas di jalan tol trans Jawa. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyatakan, puncak arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2024.

"Kalau sebelum tahun baru mungkin tidak terlalu banyak, karena memang banyak yang sudah mudik. Tapi nanti di tanggal 1 dan 2 (Januari 2024) terjadi puncak (arus balik)," kata Menhub dalam keterangan tertulis, hari Selasa (26/12).

Untuk itu, Menhub meminta penyedia layanan transportasi darat, laut, dan udara serta kereta api membuka penjualan tiket lebih awal. Hal itu dilakukan agar pelayanan kepada para calon penumpang berlangsung baik dan lancar.

"Oleh karenanya di semua sektor yakni udara, laut, darat dan kereta api konsentrasi pada titik itu, bagaimana penjualan (tiket) dilakukan lebih awal supaya yang akan balik dilayani relatif lebih baik," kata Menhub.

Selain itu, Menhub mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker selama berada di transportasi umum seperti pesawat dan kereta api. Menurut dia, upaya mencegah penularan COVID-19 perlu dilakukan.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada aturan resmi dari Kementerian Kesehatan terkait penerapan protokol kesehatan COVID-19 saat mengakses transportasi umum.

"Kita mengimbau mereka cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker di pesawat maupun kereta," kata Menhub.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home