Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Selasa, 08 November 2022

Putin: 50.000 Tentara Rusia dari Mobilisasi Bertempur di Ukraina

Pemandangan bangunan yang rusak akibat penembakan dalam perang Invasi Rusia di Ukraina, dengan latar belakang Gereja Ortodoks di desa pembebasan Shchurove, wilayah Donetsk, Ukraina, Senin, 7 November 2022. (Foto: AP/Andriy Andriyenko)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan pada hari Senin (7/11) bahwa 50.000 tentara Rusia yang dipanggil sebagai bagian dari upaya mobilisasinya sekarang bertempur dengan unit-unit tempur di Ukraina, kantor berita Interfax melaporkan.

Putin mengatakan 80.000 berada "di zona operasi militer khusus", istilah yang digunakan Rusia untuk invasinya di Ukraina, dan sisanya dari hampir 320.000 wajib militer berada di kamp pelatihan di Rusia.

“Kami sekarang memiliki 50.000 unit tempur mereka. Sisanya belum ambil bagian dalam pertempuran,” kata Putin dikutip Interfax saat berkunjung ke wilayah Tver, di luar Moskow.

Pada bulan September, Putin mengumumkan upaya “mobilisasi parsial” untuk memanggil ratusan ribu pejuang baru untuk perang setelah Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah dalam serangan balasan. Langkah itu memicu eksodus ratusan ribu orang Rusia dan memicu protes anti-perang di seluruh negeri.

Pekan lalu Putin mengatakan total 318.000 telah dipanggil dalam rancangan tersebut.

Rusia mengakhiri upaya mobilisasi parsial pada akhir Oktober, dengan menteri pertahanan Sergei Shoigu mengatakan pada 28 Oktober bahwa sekitar 41.000 pejuang Rusia telah bergabung dengan unit tempur mereka untuk bertempur di Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home