Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Jumat, 24 Februari 2023

NATO: Perang Ukraina Harus Mengakhiri Siklus Agresi Rusia

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, memberikan konferensi pers setelah menandatangani deklarasi bersama kerja sama antara UE dan NATO di Brussel pada 10 Januari 2023. (Foto: dok. AFP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM - Perang di Ukraina harus mengakhiri "siklus agresi Rusia" yang jauh lebih lama dari invasi yang diluncurkan Moskow setahun lalu, kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pada hari Kamis (23/2).

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada malam peringatan pertama serangan Moskow, Stoltenberg mengatakan invasi itu adalah bagian dari pola yang mencakup aksi militer Rusia di Georgia pada 2008 dan Donbas dan Krimea di Ukraina pada 2014.

“Kita tidak tahu kapan perang akan berakhir. Tapi yang kami tahu adalah ketika perang berakhir, kami perlu memastikan bahwa sejarah tidak terulang kembali,” kata Stoltenberg.

“Kita perlu memastikan bahwa kita memutus siklus agresi Rusia. Kita perlu mencegah Rusia menggerogoti keamanan Eropa,” katanya kepada Reuters di markas berdinding kaca NATO di pinggiran Brussel.

Dia mengatakan ini berarti memastikan bahwa "Ukraina memiliki kemampuan militer, kekuatan untuk mencegah agresi lebih lanjut."

Selain memberi Ukraina amunisi untuk membantu mengusir invasi Rusia, sekutu NATO juga telah mulai berbicara dengan Kiev tentang kemitraan jangka panjang, kata Stoltenberg. Ini termasuk membantu Kiev untuk memodernisasi lembaga pertahanan dan keamanannya dan beralih dari peralatan, doktrin, dan standar era Uni Soviet ke yang setara dengan NATO, katanya.

Rusia mengirim puluhan ribu tentara melintasi perbatasannya ke Ukraina tahun lalu dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus" dengan mengatakan itu melawan ancaman terhadap keamanannya sendiri.

Ia secara teratur membantah pernyataan Barat, Kiev dan Tbilisi tentang tindakan militernya, dengan mengatakan campur tangan di Georgia untuk melindungi orang-orang di wilayah yang disengketakan di sana.

Ia membantah mendukung separatis di wilayah Donbas Ukraina pada 2014 dan mengatakan pencaplokannya atas Krimea didukung oleh referendum, yang menurut Kiev dan Barat melanggar konstitusi Ukraina dan hukum internasional.

Pengalaman Yang Belum Nyata

Mengingat hari Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan Rusia ke Ukraina tahun lalu, Stoltenberg mengatakan pentingnya momen itu segera menjadi jelas. Meskipun NATO telah menerima dan membagikan peringatan intelijen secara luas bahwa Moskow akan menginvasi, Stoltenberg mengatakan masih merupakan "pengalaman yang belum nyata" untuk melihat "lebih dari 100.000 tentara memasuki negara yang demokratis dan merdeka di Eropa."

“Sekarang ini adalah krisis keamanan terbesar, perang terbesar yang pernah kita saksikan sejak Perang Dunia Kedua,” kata Stoltenberg, 63 tahun, mantan perdana menteri Norwegia yang menjadi ketua NATO sejak 2014. “Kami semua menyadari hari itu bahwa ada Eropa, ada dunia, sebelum dan setelah 24 Februari,” katanya.

Anggota NATO, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, telah menyediakan miliaran dolar senjata dan amunisi ke Ukraina, memasok sistem senjata yang semakin canggih seiring dengan berlangsungnya perang.

NATO juga telah mengirim ribuan pasukan lagi ke Eropa timur karena anggota aliansi di sana khawatir mereka bisa menjadi target Moskow berikutnya.

Stoltenberg mengatakan anggota NATO bekerja untuk mendukung Ukraina dan mencegah konflik meningkat menjadi "perang penuh antara Rusia dan NATO."

“Itulah alasan mengapa kami secara signifikan meningkatkan kehadiran militer kami di bagian timur aliansi, untuk mengirim pesan yang sangat jelas ke Moskow bahwa serangan terhadap satu sekutu akan memicu tanggapan dari seluruh aliansi,” katanya.

“Ini bukan untuk memprovokasi konflik tetapi untuk mencegah konflik, untuk menjaga perdamaian, dan menghilangkan ruang untuk salah perhitungan di Moskow,” tambahnya.

Stoltenberg telah memimpin NATO melalui masa-masa penuh gejolak, termasuk kepresidenan AS Donald Trump, yang kritiknya terhadap aliansi tersebut meragukan komitmen Washington terhadap NATO, dan juga selama penarikan pasukan AS dan NATO dari Afghanistan.

Setelah masa jabatannya diperpanjang tiga kali, dia menyatakan bulan ini dia tidak berniat mencari perpanjangan lebih lanjut ketika masa jabatannya saat ini berakhir pada akhir September tahun ini.

Ditanya apakah dia mungkin masih terbuka untuk perpanjangan lebih lanjut jika negara-negara anggota NATO memintanya untuk menerimanya, dia berkata: "Saya tidak punya apa-apa lagi untuk dikatakan tentang itu selain yang sudah saya katakan." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home