Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:04 WIB | Kamis, 23 Februari 2023

Satu Tahun Invasi Rusia di Ukraina, Mengubah Lima Hal Secara Global

Satu Tahun Invasi Rusia di Ukraina, Mengubah Lima Hal Secara Global
Nila Zelinska memegang boneka milik cucunya, yang ditemukannya di rumahnya yang hancur di Potashnya, Ukraina, Selasa, 31 Mei 2022. Perang telah menjadi malapetaka bagi Ukraina dan krisis bagi dunia. Satu tahun kemudian, ribuan warga sipil tewas, dan bangunan yang tak terhitung jumlahnya telah hancur. Ratusan ribu tentara tewas atau terluka di setiap sisi. Di luar perbatasan Ukraina, invasi menghancurkan keamanan Eropa, mengubah hubungan negara satu sama lain, dan mengoyak ekonomi global yang terjalin erat. (Foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)
Satu Tahun Invasi Rusia di Ukraina, Mengubah Lima Hal Secara Global
Tentara Ukraina menembaki posisi Rusia dengan howitzer M777 yang dipasok AS di wilayah Kherson, Ukraina, 9 Januari 2023 (Foto: dok. AP/Libkos)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Perang telah menjadi malapetaka bagi Ukraina dan krisis bagi dunia. Dunia menjadi tempat yang lebih tidak stabil dan menakutkan sejak Rusia menginvasi tetangganya pada 24 Februari 2022.

Satu tahun kemudian, ribuan warga sipil Ukraina tewas, dan bangunan yang tak terhitung jumlahnya telah hancur. Puluhan ribu tentara tewas atau terluka parah di masing-masing pihak. Di luar perbatasan Ukraina, invasi menghancurkan keamanan Eropa, mengubah hubungan negara satu sama lain, dan mengoyak ekonomi global yang terjalin erat.

Berikut adalah lima hal yang berubah di dunia akibat perang.

Kembalinya Perang Eropa

Tiga bulan sebelum invasi Rusia, Perdana Menteri Inggris saat itu, Boris Johnson, mencemooh anggapan bahwa tentara Inggris membutuhkan lebih banyak senjata berat. “Konsep lama pertempuran tank besar di daratan Eropa,” katanya, “sudah berakhir.”

Johnson sekarang mendesak Inggris untuk mengirim lebih banyak tank tempur untuk membantu Ukraina mengusir pasukan Rusia.

Terlepas dari peran yang dimainkan oleh teknologi baru seperti satelit dan drone, konflik abad ke-21 ini dalam banyak hal mirip dengan konflik abad ke-20. Bertempur di wilayah Donbas Ukraina timur adalah kerja keras yang brutal, dengan lumpur, parit, dan serangan infanteri berdarah yang mengingatkan pada Perang Dunia I.

Konflik tersebut telah memicu perlombaan senjata baru yang mengingatkan beberapa analis tentang penumpukan senjata tahun 1930-an hingga Perang Dunia II. Rusia telah memobilisasi ratusan ribu wajib militer dan bertujuan untuk memperluas militernya dari satu juta menjadi 1,5 juta pasukan.

Amerika Serikat telah menggenjot produksi senjata untuk menggantikan stok yang dikirim ke Ukraina. Prancis berencana untuk meningkatkan pengeluaran militer hingga sepertiga pada tahun 2030, sementara Jerman telah meninggalkan larangan lama mengirim senjata ke zona konflik dan mengirim rudal dan tank ke Ukraina.

Sebelum perang, banyak pengamat berasumsi bahwa pasukan militer akan bergerak ke arah teknologi yang lebih maju dan perang dunia maya serta menjadi kurang bergantung pada tank atau artileri, kata Patrick Bury, dosen senior keamanan di University of Bath.

Namun di Ukraina, senjata dan amunisi adalah senjata terpenting. “Setidaknya untuk saat ini, diperlihatkan bahwa di Ukraina, perang konvensional – negara-ke-negara – telah kembali,” kata Bury.

Aliansi Diuji dan Diperkuat

Presiden Rusia, Vladimir Putin, berharap invasi ke Ukraina itu akan memecah belah Barat dan melemahkan NATO. Sebaliknya, aliansi militer itu justru telah dihidupkan kembali. Sebuah kelompok yang dibentuk untuk melawan Uni Soviet memiliki tujuan baru dan dua calon anggota baru di Finlandia dan Swedia, yang membuang puluhan tahun ketidaksejajaran dan meminta untuk bergabung dengan NATO sebagai perlindungan melawan Rusia.

Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara telah memukul Rusia dengan sanksi keras dan mengirimkan dukungan miliaran dolar kepada Ukraina. Perang menempatkan pertengkaran Brexit ke dalam perspektif dan mencairkan hubungan diplomatik antara blok, dan mantan anggota Uni Eropa, Inggris yang canggung.

“Uni Eropa mengambil sanksi, sanksi yang cukup serius, sebagaimana mestinya. AS kembali ke Eropa dengan pembalasan dengan cara yang tidak pernah kami duga akan terjadi lagi,” kata analis pertahanan Michael Clarke, mantan kepala think tank Royal United Services Institute.

Negara-negara anggota NATO telah menggelontorkan senjata dan peralatan senilai miliaran dolar ke Ukraina. Aliansi tersebut telah menopang sayap timurnya, dan negara-negara yang paling dekat dengan Ukraina dan Rusia, termasuk Polandia dan negara-negara Baltik, telah membujuk sekutu NATO dan Uni Eropa yang lebih ragu-ragu, berpotensi menggeser pusat kekuatan Eropa ke arah timur.

Namun ada beberapa celah rapuh dalam persatuan. Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, sekutu terdekat Putin di Uni Eropa, telah melobi menentang sanksi terhadap Moskow, menolak mengirim senjata ke Ukraina dan menahan paket bantuan dari blok untuk Kiev.

Persatuan Barat akan berada di bawah tekanan yang semakin besar ketika konflik semakin lama berlangsung. “Rusia merencanakan perang yang panjang,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, pada akhir tahun 2022, tetapi aliansi itu juga siap untuk “jangka panjang”.

Tirai Besi Baru

Perang telah membuat Rusia menjadi paria di Barat. Oligarkinya telah dikenai sanksi dan bisnisnya masuk daftar hitam, dan merek internasional termasuk McDonald's dan Ikea telah menghilang dari jalan-jalan negara itu.

Namun Moskow tidak sepenuhnya tanpa teman. Rusia telah memperkuat hubungan ekonomi dengan China, meski Beijing menjaga jarak dari pertempuran dan sejauh ini belum mengirim senjata. AS baru-baru ini menyatakan keprihatinan yang mungkin berubah.

China mengamati dengan cermat konflik yang dapat berfungsi sebagai dorongan atau peringatan bagi Beijing tentang segala upaya untuk merebut kembali Taiwan, yang berpemerintahan sendiri, dengan cara paksa.

Putin telah memperkuat hubungan militer dengan Korea Utara dan Iran yang terisolasi secara internasional, yang memasok drone bersenjata yang dilepaskan Rusia ke infrastruktur Ukraina. Moskow terus membangun pengaruh di Afrika dan Timur Tengah dengan kekuatan ekonomi dan militernya. Kelompok tentara bayaran Wagner Rusia telah tumbuh lebih kuat dalam konflik dari Donbas hingga Sahel.

Dalam gema Perang Dingin, dunia terbagi menjadi dua kubu, dengan banyak negara, termasuk India yang berpenduduk padat, melakukan perlindungan nilai taruhan mereka untuk melihat siapa yang muncul di atas.

Tracey German, profesor konflik dan keamanan di King's College London, mengatakan konflik tersebut telah memperlebar keretakan antara "tatanan internasional liberal yang dipimpin AS" di satu sisi, dan Rusia yang marah, serta semakin beraninya negara adidaya China di sisi lain.

Ekonomi: Harga Pangan Naik dan Masalah Lingkungan

Dampak ekonomi dari perang telah dirasakan dari rumah-rumah yang dingin di Eropa hingga pasar makanan di Afrika.

Sebelum perang, negara-negara Uni Eropa mengimpor hampir separuh gas alam dan sepertiga minyak mereka dari Rusia. Invasi, dan sanksi yang dijatuhkan pada Rusia sebagai tanggapan, menimbulkan kejutan harga energi dalam skala yang belum pernah terjadi sejak tahun 1970-an.

Perang mengganggu perdagangan global yang masih belum pulih dari pandemi. Harga makanan melonjak, karena Rusia dan Ukraina adalah pemasok utama gandum dan minyak bunga matahari, dan Rusia adalah produsen pupuk terbesar dunia.

Kapal pengangkut biji-bijian terus berlayar dari Ukraina di bawah kesepakatan rapuh yang diperantarai PBB, dan harga telah turun dari tingkat rekor. Tapi makanan tetap menjadi permainan geopolitik. Rusia berusaha menyalahkan Barat atas tingginya harga, sementara Ukraina dan sekutunya menuduh Rusia secara sinis menggunakan kelaparan sebagai senjata.

Perang “benar-benar menyoroti kerapuhan” dunia yang saling terhubung, seperti halnya pandemi, kata German, dan dampak ekonomi sepenuhnya belum terasa.

Perang juga mengguncang upaya untuk melawan perubahan iklim, mendorong peningkatan penggunaan batu bara yang sangat berpolusi di Eropa. Namun terburu-buru Eropa beralih dari minyak dan gas Rusia dan mempercepat transisi ke sumber energi terbarukan lebih cepat dari peringatan yang tak terhitung jumlahnya tentang bahaya pemanasan global. Badan Energi Internasional mengatakan dunia akan menambah energi terbarukan dalam lima tahun ke depan sebanyak yang terjadi dalam 20 tahun terakhir.

Era Baru dengan Ketidakpastian

Konflik adalah pengingat yang gamblang bahwa individu memiliki sedikit kendali atas jalannya sejarah. Tidak ada yang tahu bahwa apakah akan lebih baik  bagi delapan juta orang Ukraina yang terpaksa meninggalkan rumah dan negaranya untuk kehidupan baru di komunitas di seluruh Eropa dan sekitarnya.

Bagi jutaan orang yang tidak terlalu terpengaruh secara langsung, hancurnya perdamaian Eropa secara tiba-tiba telah membawa ketidakpastian dan kecemasan.

Ancaman terselubung Putin untuk menggunakan senjata atom (nuklir) jika konflik meningkat menghidupkan kembali ketakutan akan perang nuklir yang telah terbengkalai sejak Perang Dingin. Pertempuran berkecamuk di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, meningkatkan momok Chernobyl baru.

Tetapi konflik juga mengingatkan bahwa, kadang-kadang, tindakan individu manusia membuat semua perbedaan. Analis pertahanan Clarke mengatakan satu momen seperti itu terjadi sehari setelah invasi, ketika Zelenskyy memfilmkan dirinya di luar di kota Kiev dan bersumpah untuk tidak meninggalkan kota.

“Itu sangat penting untuk menunjukkan bahwa Kiev akan berjuang,” kata Clarke. “Dan dengan itu, tentu saja, Amerika Serikat, Joe Biden berada di belakangnya. Jika kedua hal itu tidak terjadi – Zelenskyy dan kemudian keputusan Biden – Rusia akan menang.”

"Momen Zelenskyy itu akan dicatat dalam sejarah sebagai hal yang sangat, sangat penting." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home