Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:04 WIB | Kamis, 13 April 2023

Putin Menyetujui Penangkapan Wartawan WSJ dengan Tuduhan Mata-mata

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyampaikan pidato tahunannya kepada Majelis Federal di Moskow, Rusia, pada 21 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, secara pribadi menyetujui penangkapan seorang reporter Amerika Serikat atas tuduhan spionase untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin, menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut.

Dukungan presiden Rusia terhadap langkah tersebut mencerminkan pengaruh yang berkembang dari garis keras Kremlin yang mendorong untuk memperdalam konfrontasi dengan Washington yang mereka anggap tidak dapat diubah, kata orang-orang, berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah yang tidak bersifat publik.

Penahanan reporter Wall Street Journal, Evan Gershkovich  pada 29 Maret memicu kecaman marah dari AS dan sekutunya, menandai hubungan AS-Rusia yang semakin rendah, yang telah meningkat sejak invasi Putin ke Ukraina tahun lalu.

“Ini harus menjadi peringatan yang nyata, tidak hanya untuk AS, tetapi juga Barat yang lebih luas,” kata Alina Polyakova, presiden Pusat Analisis Kebijakan Eropa di Washington. “Ini menandakan bahwa dalam pola pikir Putin bahwa tidak ada jalan untuk kembali ke hubungan yang stabil dan dapat diandalkan.”

Perjuangan Eksistensial

Saat perang memasuki tahun kedua, Kremlin semakin berusaha menggambarkannya sebagai perjuangan eksistensial melawan NATO yang bertekad menghancurkan Rusia. Langkah-langkah seperti surat perintah penangkapan kejahatan perang terhadap Putin yang dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) bulan lalu hanya memperdalam perasaan kepemimpinan bahwa tidak ada ruang untuk mundur dalam konflik yang diperkirakan akan berlangsung selama bertahun-tahun.

Parlemen Rusia pekan ini bergegas melalui pengetatan hukuman yang tajam bagi mereka yang berusaha menghindari dinas militer. Perubahan tersebut menciptakan sistem online baru untuk mengirimkan pemberitahuan panggilan dan melarang mereka yang mengabaikannya meninggalkan negara itu, menutup celah yang telah digunakan banyak orang untuk menghindari wajib militer.

Langkah itu, yang diharapkan segera ditandatangani menjadi undang-undang oleh Putin, telah memicu kekhawatiran mobilisasi baru akan datang akhir tahun ini. Kremlin mengatakan saat ini tidak ada rencana seperti itu. Pemanggilan 300.000 cadangan tahun lalu memicu eksodus sebanyak satu juta orang Rusia.

Inisiatif untuk menangkap seorang reporter AS atas tuduhan mata-mata untuk pertama kalinya dalam hampir 40 tahun datang dari pejabat tinggi dinas keamanan Rusia, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan itu bukan keputusan Putin tetapi merupakan “hak prerogatif total dari layanan khusus. Mereka melakukan pekerjaan mereka. Badan-badan itu melapor langsung ke presiden.”

Dorongan untuk Pertukaran Tahanan

Gershkovich, 31 tahun, ditahan di Yekaterinburg, sekitar 1.400 kilometer (870 mil) timur Moskow, oleh agen Layanan Keamanan Federal (FSB). Dituduh sebagai mata-mata, yang diancam hukuman 20 tahun, dia sekarang ditahan di penjara Lefortovo Moskow dan sejauh ini Rusia belum memberikan akses konsuler AS. Kremlin mengatakan dia tertangkap basah, tetapi tidak memberikan bukti. The Wall Street Journal membantah tuduhan tersebut.

Departemen Luar Negeri AS secara resmi menetapkan Gershkovich telah ditahan secara tidak sah oleh Rusia, yang membuka jalan bagi AS untuk bernegosiasi atas namanya.

Rusia telah mendorong untuk memasukkan dalam pertukaran tahanan sebelumnya orang dalam Kremlin, Vladislav Klyushin, yang dinyatakan bersalah pada bulan Februari atas perdagangan orang dalam dan peretasan, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut. Dia memiliki informasi terkait peretasan server Partai Demokrat selama pemilihan presiden 2016, kata mereka.

Tahun lalu Rusia dan AS melakukan dua pertukaran tahanan, termasuk pada bulan Desember ketika mereka menukar bintang WNBA, Brittney Griner, dengan pedagang senjata terkenal, Viktor Bout.

Presiden Joe Biden berbicara dengan keluarga Gershkovich pada 11 April, meyakinkan mereka bahwa "pemerintah sedang melakukan segala daya untuk membawanya pulang secepat mungkin," kata keluarga itu dalam sebuah pernyataan.

Dengan fokus publik pada kasus ini, AS sekarang mungkin tidak punya pilihan selain bernegosiasi, mendorong lebih banyak penyanderaan, kata Polyakova. “Rusia menjadi jauh lebih agresif dan mereka telah melihat bahwa ketika Anda menyandera warga negara AS yang terkenal, Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan,” katanya. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home