Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Sabtu, 15 April 2023

Putin Teken UU Yang Memungkinkan Panggilan Wajib Militer Secara Elektronik

Ini diduga terkait rencana mobilisasi militer berikutnya menghadapi serangan balasan Ukraina.
Majelis Federal Federasi Rusia, anggota Majelis Federal Federasi Rusia menghadiri sidang di Moskow, Rusia, Rabu, 12 April 2023. Majelis tinggi parlemen Rusia dengan cepat menyetujui RUU yang akan memungkinkan pihak berwenang untuk mengeluarkan panggilan elektronik kepada wajib militer dan cadangan di tengah pertempuran di Ukraina. (Foto: Majelis Federal Federasi Rusia via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Jumat (14/4) menandatangani undang-undang yang memungkinkan pihak berwenang untuk mengeluarkan pemberitahuan elektronik kepada wajib militer dan cadangan di tengah pertempuran di Ukraina, yang memicu kekhawatiran akan gelombang baru mobilisasi.

Aturan dinas militer Rusia sebelumnya mewajibkan pengiriman pemberitahuan secara langsung kepada wajib militer dan cadangan yang dipanggil untuk bertugas. Di bawah undang-undang baru, pemberitahuan yang dikeluarkan oleh kantor wajib militer setempat akan terus dikirim melalui surat tetapi akan dianggap sah sejak ditempatkan di portal negara bagian untuk layanan elektronik.

Di masa lalu, banyak orang Rusia menghindari panggilan tersebut dengan menjauhi alamat catatan mereka. Undang-undang baru menutup celah itu dalam upaya nyata untuk menciptakan alat untuk memperkuat militer dengan cepat menjelang serangan balasan Ukraina yang diantisipasi secara luas dalam beberapa pekan mendatang.

Penerima yang tidak hadir untuk layanan akan dilarang meninggalkan Rusia, SIM mereka akan ditangguhkan dan akan dilarang menjual apartemen dan aset lainnya.

RUU yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Putin diterbitkan pada daftar resmi dokumen pemerintah.

Kritikus Kremlin dan aktivis HAM mengecam undang-undang tersebut sebagai langkah menuju "kamp penjara digital" yang memberikan kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada kantor wajib militer.

Lyudmila Narusova, janda mantan wali kota Sankt Peterburg, Anatoly Sobchak, adalah satu-satunya anggota dewan yang berbicara menentang tindakan itu ketika Dewan Federasi, majelis tinggi parlemen, mempertimbangkan RUU itu hari Rabu.

Narusova, yang mendiang suaminya adalah mentor Putin, menuduh RUU itu bertentangan dengan konstitusi negara dan berbagai undang-undang, dan sangat keberatan dengan persetujuannya yang tergesa-gesa.

Pemberlakuan undang-undang yang cepat memicu kekhawatiran pemerintah memulai gelombang mobilisasi lain menyusul yang diperintahkan Putin pada musim gugur.

Otoritas Rusia menyangkal bahwa mobilisasi lain sedang direncanakan. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pekan ini bahwa tindakan itu diperlukan untuk merampingkan sistem panggilan yang sudah ketinggalan zaman mengingat kekurangan yang terungkap oleh mobilisasi parsial musim gugur lalu.

“Banyak kekacauan di kantor wajib militer,” katanya. “Tujuan dari RUU ini adalah untuk membersihkan kekacauan ini dan membuat sistem menjadi modern, efektif, dan nyaman bagi warga negara.”

Putin mengumumkan pemanggilan 300.000 cadangan pada bulan September setelah serangan balasan Ukraina yang mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah luas di timur. Perintah mobilisasi mendorong eksodus pria Rusia yang diperkirakan berjumlah ratusan ribu.

Pengamat mengatakan undang-undang baru itu tampaknya memberi pihak berwenang mekanisme untuk dengan cepat memperkuat barisan dalam persiapan untuk serangan Ukraina yang baru.

“Alasan yang mungkin adalah bahwa mereka melihat bahwa Ukraina bersiap-siap untuk serangan balasan,” kata Abbas Gallyamov, mantan penulis pidato Putin yang menjadi kritikus Kremlin yang telah meninggalkan Rusia.

Gallyamov telah dicap sebagai "agen asing" oleh otoritas Rusia, sebutan yang menyiratkan pengawasan pemerintah tambahan dan membawa konotasi peyoratif yang kuat yang bertujuan merusak kredibilitas penerima. Dia juga telah dimasukkan dalam daftar orang yang dicari sebagai tersangka kriminal.

Gallyamov mengatakan undang-undang itu dapat memicu ketidakpuasan yang membara tetapi tidak mungkin memicu protes. “Di satu sisi, ada ketidakpuasan dan keengganan untuk berperang, tetapi di sisi lain ada ketakutan akan meningkatnya represi,” katanya. “Orang-orang dihadapkan pada pilihan yang sulit antara pergi berperang dan mati, atau dipenjara jika mereka memprotes.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home