Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Kamis, 10 Desember 2020

Putra Joe Biden Diselidiki dalam Kasus Pajak

Joe Biden dan putranya, Hunter Biden, pada sebuah pertandingan bola basket NCAA di Washington DC, 30 Januari 2010. (Foto: dok. Reuters)

DELAWARE, SATUHARAPAN.COM-Putra Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, Hunter, mengatakan pada hari Rabu bahwa "urusan pajaknya” sedang dalam penyelidikan federal, yang membuat sorotan baru pada pertanyaan tentang urusan keuangannya yang membebani kampanye ayahnya.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor transisi presiden terpilih, Biden muda mengatakan dia mengetahui tentang penyelidikan pada hari Selasa. Dia tidak mengungkapkan detail masalah tersebut.

"Saya menangani masalah ini dengan sangat serius, tetapi saya yakin bahwa tinjauan profesional dan objektif atas masalah ini akan menunjukkan bahwa saya menangani urusan saya secara legal dan tepat, termasuk dengan keuntungan dari penasihat pajak profesional," katanya dalam sebuah pernyataan.

Hunter Biden telah lama menjadi target Presiden Donald Trump dan sekutunya, yang menuduhnya mengambil untung dari koneksi politiknya. Trump dan para pendukungnya juga mengajukan tuduhan korupsi yang tidak berdasar terkait pekerjaan Hunter Biden di Ukraina pada saat ayahnya menjabat sebagai wakil presiden dan memimpin urusan pemerintahan Obama dengan negara Eropa Timur.

Pengungkapan investigasi federal yang dipimpin oleh kantor pengacara AS di Delaware terjadi pada saat yang canggung bagi presiden yang akan datang, yang sedang menyusun Kabinetnya. Pilihannya untuk jabatan jaksa agung bisa memberinya kuasa pengawasan atas penyelidikan terhadap putra presiden yang baru, jika masih berlangsung ketika Biden dilantik pada 20 Januari.

Tim transisi mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Presiden terpilih Biden sangat bangga dengan putranya, yang telah berjuang melalui tantangan yang sulit, termasuk serangan pribadi yang keji beberapa bulan terakhir, yang membuatnya tampil lebih kuat." Namun pengacara Hunter Biden tidak membalas pesan telepon meminta komentar.

Kontroversi Hunter Biden

Putra bungsu Biden terlibat dalam kontroversi selama bertahun-tahun. Sementara ayahnya adalah wakil presiden, Hunter bergabung dengan Naval Reserve kemudian dipulangkan setelah dites positif menggunakan kokain, dan kemudian mengungkapkan perjuangan selama bertahun-tahun melawan kecanduan.

Dia juga bergabung dengan dewan perusahaan energi Ukraina, Burisma, pada tahun 2014, yang memicu kekhawatiran tentang persepsi konflik kepentingan mengingat Biden tua sangat terlibat dalam kebijakan AS terhadap Ukraina. Investigasi Senat yang dipimpin Partai Republik tidak mengidentifikasi kebijakan apa pun yang secara langsung dipengaruhi oleh pekerjaan Hunter Biden. (AP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home