Loading...
DUNIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 14:21 WIB | Selasa, 12 Januari 2016

Qatar Bantu Seorang Pria Asal Kanada Lepas dari Sekapan Taliban

Taliban merilis video Rutherford pada tahun 2011 dan menuduhnya sebagai mata-mata. (Foto: aljazeera)

KANADA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kanada telah mengumunkan bahwa seorang pria Kanada, Colin Rutherford, yang ditangkap oleh Taliban di Afghanistan sejak 2010, telah dilepaskan.

Menteri Luar Negeri Kanada, Stephane Dion, mengatakan dalam sebuah pernyataan, pada hari Senin (11/1), bahwa Colin Rutherford adalah seorang turis di Afghanistan ketika ia ditangkap oleh Taliban pada bulan November 2010.

Taliban mengunggah video Rutherford pada tahun 2011 dan menuduhnya sebagai mata-mata.

Rutherford menegaskan dia bukan mata-mata dan melakukan perjalanan ke Afghanistan untuk mempelajari situs sejarah dan tempat-tempat suci. Dia mengatakan dalam video bahwa ia adalah seorang auditor dari Kanada dan datang sebagai turis.

Dion mengatakan Kanada berterima kasih kepada Pemerintah Qatar sudah membantu dalam hal ini.

"Kanada sangat senang bahwa upaya yang dilakukan untuk menjamin pembebasan Colin Rutherford dari penangkapan oleh Taliban telah berhasil. Kami berharap Rutherford dapat kembali ke Kanada dan kembali bersama keluarga dan orang-orang terkasihnya. Pemerintah Kanada akan terus memberikan Rutherford bantuan konsuler dan akan membantu dalam keamanan ketika kembali rumahnya," kata Dion.

Sirkulasi Badan Pemeriksa Kanada mengatakan dalam sebuah email bahwa Rutherford bekerja untuk mereka di Toronto ketika ia pergi berlibur ke Afghanistan.

"Ini adalah berita besar. Kami ingin dia segera kembali dengan aman dan ingin berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kebebasannya." kata Tim Peel, Wakil Presiden Sirkulasi Badan Pemeriksa Kanada, mengatakan dalam sebuah email. (aljazeera)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home