Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:33 WIB | Jumat, 09 September 2022

Raja Charles Akan Akan Menyampaikan Pidato di London

Foto diambil pada 2 Juni 2022 Ratu Inggris Elizabeth II (kanan) berdiri bersama Pangeran Charles dari Inggris, Pangeran Wales untuk menonton flypast khusus dari balkon Istana Buckingham. (Foto: dok.AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Raja Inggris Charles akan berpidato di sebuah negara berkabung pada hari Jumat setelah kematian ibunya dan tokoh negara, Ratu Elizabeth, pada usia 96.

Charles, yang berada di sisi ratu sebelum dia meninggal di rumahnya di Skotlandia pada hari Kamis (8/9), akan melakukan perjalanan kembali ke London bersama istrinya Camilla, yang sekarang menjadi Permaisuri, sebelum bertemu dengan perdana menteri dan membuat pernyataan di televisi.

Kematian ratu, raja terlama di Inggris dan kehadirannya yang menjulang di panggung dunia selama tujuh dekade, telah menarik belasungkawa dari seluruh dunia.

Pada hari pertama di London, anggota masyarakat terus meletakkan bunga di luar Istana Buckingham dan papan iklan di seluruh kota menampilkan pesan belasungkawa. Surat kabar memuat foto di halaman depan penghormatan kepada ratu.

Pada hari Kamis, ribuan orang berkumpul di luar istana ratu, di mana berita itu disambut dengan keheningan yang mengejutkan ketika bendera diturunkan menjadi setengah tiang.

Banyak yang menggambarkan rasa terkejut atas kematian satu-satunya raja yang pernah dikenal sebagian besar warga Inggris.

"Dia adalah orang yang selalu kami kagumi," kata seorang pensiunan Christine West yang menangis kepada Reuters di luar rumah Ratu Windsor Castle di sebelah barat London. “Ini adalah hari yang menyedihkan bagi kita semua”.

Pernyataan Charles

Charles, yang secara otomatis menjadi raja Inggris Raya dan kepala negara dari 14 kerajaan lain, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru, mengatakan kematian itu merupakan momen kesedihan besar bagi dirinya dan keluarganya.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat kami cintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia, ”kata pria berusia 73 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Dia diperkirakan akan bertemu Perdana Menteri Liz Truss pada hari Jumat sebelum kemudian berpidato di negara itu. Juga akan ada salut senjata.

Berita bahwa kesehatan ratu memburuk muncul tak lama setelah tengah hari pada hari Kamis ketika dokternya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia berada di bawah pengawasan medis, mendorong keluarganya untuk bergegas ke Skotlandia.

Sang ratu telah menderita dari apa yang disebut Istana Buckingham sebagai "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu, memaksanya untuk menarik diri dari hampir semua keterlibatan publiknya. Suaminya selama 73 tahun, Pangeran Philip, meninggal pada 2021.

Tugas publik terakhirnya dilakukan pada hari Selasa (6/9), ketika dia mengangkat perdana menteri Liz Truss, PM ke-15 masa pemerintahannya.

"Kematian Yang Mulia Ratu adalah kejutan besar bagi bangsa dan dunia," kata Truss di luar kantornya di Downing Street di mana bendera, seperti yang ada di istana kerajaan dan gedung-gedung pemerintah di seluruh Inggris, diturunkan.

“Ratu Elizabeth II memberi kami stabilitas dan kekuatan yang kami butuhkan. Dia adalah semangat Inggris Raya, dan semangat itu akan bertahan lama.”

Pemerintahan Tujuh Dekade

Berita itu mengejutkan tidak hanya orang-orang di Inggris, dengan belasungkawa mengalir dari para pemimpin di seluruh dunia.

“Warisannya akan tampak besar di halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia kita,” kata Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dalam sebuah pernyataan.

Ratu Elizabeth II, yang juga merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia, naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, ketika dia baru berusia 25 tahun.

Dia dimahkotai pada bulan Juni tahun berikutnya. Penobatan pertama yang disiarkan di televisi adalah pendahuluan dari dunia baru di mana kehidupan para bangsawan menjadi semakin disorot oleh media.

“Saya dengan tulus berjanji untuk melayani Anda, karena begitu banyak dari Anda yang berjanji untuk saya. Sepanjang hidup saya dan dengan sepenuh hati saya akan berusaha untuk menjadi layak mendapatkan kepercayaan Anda,” katanya dalam pidato kepada rakyatnya pada hari penobatannya.

Elizabeth menjadi ratu pada saat Inggris masih mempertahankan sebagian besar kerajaan lamanya dengan Winston Churchill sebagai perdana menteri Inggris, sementara Josef Stalin memimpin Uni Soviet dan Perang Korea berkecamuk.

Kehilangan simbol kesinambungan dan ketahanannya, Inggris memulai era barunya dalam krisis ekonomi yang parah, yang ditandai dengan perselisihan dengan Eropa dan masyarakat, namun dia tidak terpengaruh oleh perselisihan dan skandal politik selama bertahun-tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home