Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:52 WIB | Rabu, 22 April 2015

Raja Saudi Kerahkan Garda Nasional di Yaman

Foto Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tergeletak di antara puing-puing di pintu masuk yang rusak ke markas Pusat Kebudayaan Saudi di Sanaa, akibat serangan udara, 21 April 2015. (Foto: reuters.com)

RIYADH, SATUHARAPAN.COMN - Pemimpin Arab Saudi Raja Salman memerintahkan pengerahan Garda Nasional, pasukan darat yang ada selain angkatan darat, untuk melancarkan operasi melawan pemberontak di Yaman, ungkap kantor berita resmi SPA pada Selasa (21/4).

Mereka tidak mengklarifikasi bagaimana Garda Nasional akan ambil bagian dalam operasi tersebut.

SPA mengutip Menteri Garda Nasional Pangeran Miteb bin Abdullah yang mengatakan bahwa dia “merasa terhormat” oleh “keputusan Salman agar pasukan Garda Nasional ambil bagian” dalam operasi tersebut.

Dia memberi sinyal “kesiapan lengkap semua pasukan Garda Nasional untuk melaksanakan peran ini bersama sejumlah badan militer lainnya” di Arab Saudi.

Pasukan tersebut akan “ambil bagian dalam mempertahankan keamanan” kerajaan itu, lapor SPA, tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Arab Saudi melancarkan perang udara melawan pasukan pemberontak yang didukung Iran di Yaman pada 26 Maret. Mereka sejauh ini menolak untuk melancarkan serangan darat, namun pasukan Saudi telah bentrok dengan pemberontak di area perbatasan.

Garda Nasional, pasukan setingkat angkatan darat di Arab Saudi yang terpisah dari angkatan bersenjata yang dibawahi oleh kementerian pertahanan.

Direkrut dari warga suku yang biasanya mendukung pemerintahan dinasti Saud, mereka merupakan pilar dukungan untuk keluarga kerajaan.

Pasukan tersebut dipimpin Miteb, putra mendiang Raja Abdullah dan memperoleh pendidikan akademi militer elite Sandhurst. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home