Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 21:14 WIB | Sabtu, 26 April 2014

Rakyat Babel, Inilah Wakil Anda di Parlemen

Peta perolehan suara di Provinsi Bangka Belitung. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ahmad Ramli Sutanegara, Rudianto Tjen, dan Azhar Romli kemungkinan besar menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019 mewakili provinsi Bangka-Belitung.  Kesimpulan ini didapat dari hasil rekapitulasi di Komisi Pemilihan Umum, Sabtu (26/4).

Dua di antara mereka, Rudianto (PDIP) dan Azhar (Golkar) adalah anggota DPR periode lalu. Sedangkan Ahmad adalah ketua DPW Partai NasDem. Paiman, caleg petahana dari Demokrat terpaksa “gigit jari” kali ini.

Berikut ini adalah profil singkat wakil rakyat dari daerah “Laskar Pelangi” ini.  Ahmad Ramli Sutanegara pernah menjadi Anggota MPR periode 1999-2004 dan sebelumnya menjadi Anggota DPRD Provinsi Sumsel, ia juga pernah menjadi pimpinan surat kabar Garuda Pos. Sebelum bergabung dengan Partai Nasdem, Ahmad Ramli Sutanegara lebih dahulu bergabung dengan Partai Golkar dan sempat menjadi Wakil Ketua Partai Golkar Sumsel di tahun 1987-1999. Ia adalah pengusaha sukses di bidang perkebunan sawit.

Ir. Rudianto Tjen, setelah jadi Anggota DPRD II Kabupaten Bangka periode 1999-2004, ia “naik tingkat”. Rudi menjadi anggota parlemen pusat dari PDIP periode 2004-2009 dan 2009-2014. Sempat mencalonkan diri sebagai calon Bupati Bangka. Wakil Bendahara DPP PDI Perjuangan ini pernah tersandung kasus pengadaan alat kesehatan, saat itu Rudianto Tjen menjadi salah 1 dari 7 anggota Panggar DPR RI 2004-2009.

Ir. H. Azhar Romli, M.Si adalah politisi senior Partai Golkar. Ia duduk di kursi parlemen pusat sudah dimulai sejak tahun 1997. Empat periode Azhar Romli menjadi anggota legislatif, walaupun sebenarnya pada tahun 2009 ia gagal melenggang ke Senayan sebab perolehan suaranya kalah dari Wakil Gubernur DKI Jakarta saat ini Basuki Tjahaja Purnama. Pada 2012 Wakil Sekjen Partai Golkar ini akhirnya menggantikan posisi Ahok yang mundur dari jabatannya di komisi II. Ia akan menikmati jabatannya untuk periode kelima. (Rep. Martahan)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home