Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 09:10 WIB | Kamis, 16 Juli 2015

Ramadan, Omzet Penjual Tanah Abang Naik 50 Persen

Ilustrasi. Salah satu gerai grosir di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Omzet para pedagang di pusat perbelanjaan Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat menjelang dan selama Ramadan 1436 Hijriah naik sebesar 50 persen dibandingkan bulan-bulan biasa.

"(Omzet) meningkat 50 persen di banding sebelum-sebelum Ramadan, sih. Kalau sebulan terakhir kebanyakan eceran buat sendiri," ujar Neta (26), pedagang di salah satu toko di Blok B Tanah Abang, Rabu (15/7).

Neta mengatakan, dalam sebulan terakhir ia mendapatkan omzet sebesar Rp100 juta. Menurutnya, jumlah tersebut meningkat sebesar 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Saat menjelang dan selama bulan puasa, kata dia, pihaknya tidak menawarkan diskon khusus. Harga yang ditawarkan pun merupakan harga pas.

Ia mengatakan, puncak kunjungan pembeli justru terjadi sebulan sebelum puasa dan sebagian besar dari luar daerah untuk dijual kembali.

Sementara untuk model pakaian yang paling diminati tahun ini, ujar dia, adalah pakaian yang lebih Islami, seperti gamis dan jilbab yang lebar.

Lia (17), penjaga toko pakaian di Tanah Abang, juga mengatakan bahwa saat menjelang dan selama bulan puasa, omzetnya meningkat sebanyak 50 persen atau sebesar Rp100 juta per bulan.

"(Omzet) meningkat. Lebih banyak (membeli) eceran sih kalau seminggu terakhir,” ujar Lia. Ia menambahkan, sebagian besar pembelinya adalah ibu-ibu.

Menurut dia, puncak kunjungan pembeli adalah pertengahan Ramadan dan kini sudah berkurang meski masih ramai pengunjung.

Senada dengan Lia, salah satu penjaga toko jilbab di Blok B Tanah Abang, Marlina Ayu (34), mengatakan, selama Ramadan memperoleh peningkatan omzet sebesar 50 persen.

"Peningkatan (omzet) kira-kira 50 persen. Saat Sabtu dan Minggu pengunjung paling ramai datang," kata Ayu.

Ia mengaku bahwa tokonya tidak memberi diskon khusus selama Ramadan, sedangkan diskon diberikan kepada pembeli yang membeli secara grosir saja seperti hari biasa.

Sedangkan jilbab yang sedang tren tahun ini, tutur dia, adalah pashmina kusut dan jilbab seperti yang dikenakan artis Shireen Sungkar serta Dian Pelangi.

Ditemui di tempat yang sama, pengunjung Tanah Abang Dwia (24) mengatakan sedang berbelanja untuk kebutuhan pribadi dan keluarganya saat Idul Fitri.

"Ya buat keluarga saja nanti dipakai waktu Lebaran,” kata dia menambahkan, dirinya tidak berbelanja untuk sanak saudara. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home