Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:20 WIB | Jumat, 06 Juni 2014

Ratu Inggris Tiba di Paris untuk Hadiri Peringatan D-Day

Invasi pasukan AS ke Normandia 6 Juni 1944. (Foto: wikipedia.org)

PARIS, SATUHARAPAN.COM  – “Ratu Inggris Elizabeth II tiba di Paris pada Kamis (5/6),  dalam sebuah kunjungan luar negeri yang sangat langka dan akan menjadikannya sebagai “tamu kehormatan istimewa”  dalam peringatan D-Day yang dihadiri pemimpin tingkat tinggi dunia.

D- Day adalah peringatan  Invasi pasukan sekutu ke Normandia saat Perang Dunia ke II tanggal 6 Juni 1944. Pertempuran untuk menguasai Normandia berlanjut selama lebih dari dua bulan, dengan kampanye untuk menembus garis pertahanan Jerman dan menyebar dari pantai yang sudah dikuasai Sekutu. Invasi ini berakhir dengan dibebaskannya Paris dan jatuhnya kantong Falaise pada akhir Agustus 1944.

Ratu berusia 88 tahun itu, ditemani suaminya Pangeran Philip (92), tiba sesuai jadwal dengan kereta Eurostar dari London dengan sambutan antusias dari sekitar 300 orang di stasiun Gare du Nord di Paris. Di antara orang yang menyambutnya yaitu Margaret Kittle, yang mendiang suaminya Harold bertempur di Royal Air Force (RAF) dalam Perang Dunia II.

“Sungguh luar biasa di sini, dia hanya salah satu pemimpin yang akan berada di pantai besok untuk yang mengetahui perang itu secara langsung,” ucap Kittle kepada AFP.

“Saya pernah melihat ratu beberapa kali dan melihat ibu serta ayahnya sebelum perang di Kanada, saat saya masih gadis berusia empat tahun. Hari ini sangat istimewa”. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home