Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 16:11 WIB | Kamis, 21 Januari 2016

Ratusan Mantan Anggota Gafatar Ucapkan Syahadat

Pemimpin Gafatar, Maful M. Tumanurung berbicara selama pertemuan nasional organisasi terlarang di Jakarta pada Februari tahun lalu. Kelompok ini telah dikaitkan dengan penghilangan beberapa orang di seluruh negeri. (Foto: gafatar.com)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM – Ratusan mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Desa Karya Jaya, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akhirnya mengucapkan syahadat sebagai ikrar mereka kembali ke ajaran Islam, pada hari Rabu (20/1) malam.

"Pengucapan syahadat oleh bekas anggota kelompok Gafatar tersebut dipimpin Ketua MUI, Samboja KH Saifuddin Marzuki, dengan disaksikan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Samboja, Kepala Kementarian Agama Kutai Kartanegara, Kantor Urusan Agama Samboja, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas, dan LSM serta dihadiri sekitar 1.500 warga Samboja dan sekitarnya," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Dafip Haryanto.

Pada hari Rabu (20/1) sekitar pukul 10.30 WITA, katanya, dilaksanakan pertemuan di Kantor Desa Karya Jaya yang dipimpin komandan Koramil Samboja yang juga dihadiri kepala Polsek Samboja serta sejumlah tokoh masyarakat di daerah itu.

Pertemuan tersebut membicarakan langkah-langkah terkait dengan rencana pengucapan dua syahadat oleh bekas anggota Gafatar. Pertemuan kembali dilanjutkan antara warga dengan mantan anggota kelompok Gafatar di Masjid Al-Huda, Desa Karya Jaya.

Pada pertemuan tersebut, ratusan warga meminta agar bekas anggota kelompok Gafatar meninggalkan Kecamatan Samboja. Warga memberi tenggang waktu selama tujuh hari atau hingga tanggal 27 Januari 2016 kepada mantan anggota kelompok Gafatar untuk meninggalkan Kecamatan Samboja.

Hingga usai pertemuan dengan bekas anggota kelompok Gafatar, situasi kamtibmas di Kutai Kartanegara, khususnya di Kecamatan Samboja, tetap aman dan kondusif.

"Setelah pengucapan syahadat oleh mantan anggota kelompok Gafatar tersebut, dilanjutkan shalat berjamaah kemudian dialog antara warga dan mantan anggota Gafatar tersebut. Hingga selesai pertemuan tersebut, situasi tetap aman dan kondusif," kata Dafip.

Kapolres Kutai Kartanegara Ajun Komisaris Besar, Handoko, meminta masyarakat di daerah itu menghormati keputusan pada pertemuan dengan mantan anggota Gafatar tersebut.

"Tentunya, kita ingin situasi di Kutai Kartanegara tetap kondusif sehingga semua harus menghormati apapun hasil dari keputusan tersebut," kata Handoko.

Kapolsek Samboja Ajun Komisaris Polisi, Dika Yosef Anggara, menyatakan keberadaan kelompok Gafatar di daerah itu mulai terpantau sejak pertengahan bulan Agustus 2015 yang awalnya hanya berjumlah 30 orang dan saat ini bertambah menjadi 227 orang.

“Anggota Gafatar tersebut umumnya berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. Anggota Gafatar itu awalnya hanya berjumlah 30 orang kemudian terus bertambah dan saat ini sudah mencapai 227 orang, sehingga setiap bulan bertambah antara 20 sampai 30 orang," kata dia.

Setelah dilakukan pertemuan bersama warga dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan, terungkap ada sekitar 201 yang mengaku sebagai bekas anggota Gafatar, sedangkan 26 orang mengaku baru datang.

"Mereka mengaku berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan dan datang ke Samboja untuk mengubah nasib. Aktivitas mereka adalah bertani dan sejauh ini kami memang belum melihat adanya aktivitas mencurigakan dari kelompok itu," kata Dika.

Awalnya, masyarakat belum terlalu resah atas keberadaan mereka. Namun, karena anggota terus bertambah banyak, masyarakat mulai khawatir.

"Dan mendatangi permukiman mereka," ujar Dika.

Sejak awal kedatangan kelompok Gafatar pada pertengahan bulan Agustus 2015, Polsek Samboka terus memantau kegiatan mereka. "Sejak mereka mulai masuk, kami sudah mulai pantau dan terus melakukan pertemuan, mencegah warga bergerak. Hari ini (20/1) kami mendahului massa untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan," ucap Dika. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home