Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:05 WIB | Jumat, 19 September 2014

Referendum Skotlandia: Penolak Kemerdekaan Sementara Unggul

Penolak kemerdekaan Skotlandia bergembira mengetahui hasil referendum sementara. (Foto: AP/bbc.com)

EDINBURGH, SATUHARAPAN.COM - Hasil sementara referendum Skotlandia hari Jumat (19/9), menunjukkan suara yang menolak kemerdekaan Skotlandia unggul. Clackmannanshire merupakan daerah pertama yang diketahui hasil referendumnya, yang memilih “Tidak” (menolak kemerdekaan Skotlandia) 19.036 orang dan “Ya” (pendukung kemerdekaan) 16.350 orang, dari 89 persen data yang masuk.

Pemilih di Western Isles, Orkney, Shetland dan Clackmannanshire juga menentang kemerdekaan Skotlandia.

Penghitungan hasil referendum berlanjut hingga Jumat (19/9) dini hari, dan hasil akhir referendum diperkirakan diketahui jam 05:30 waktu setempat atau 12:30 WIB.

Pakar pemilu Profesor John Curtice dari Universitas Strathclyde mengatakan hasil di Clackmannanshire dan Inverclyde mengecewakan pemilih “Ya”. Ia mengatakan “Hasil  sementara referendum menunjukan pemilih “Tidak” akan memenangi referendum, walaupun hasil akhir belum diketahui.”

Mengomentari hasil referendumn di Clackmannanshire dan Orkney, mantan Menteri Dalam Negeri dari Partai Buruh Lord Reid mengatakan “Ini hasil yang menyenangkan.”

Sekretaris Keuangan Skotlandia John Swinney mengatakan “Hasil referendum nampaknya Skotlandia akan bersama Inggris, saya akan menerima hal itu, tapi kita harus menunggu hasil akhir penghitungan suara referendum."

Survei yang dilakukan YouGov yang dilakukan setelah pemungutan suara ditutup menyatakan pemilih “Tidak” 54 persen dan “Ya” 46 persen. Survei itu menanyai 1.828 orang, dari 800 TPS, meskipun survei itu tidak mewakili pendapat masyarakat Skotlandia.
Jika pemilih “Ya” menang referendum maka penyatuan Inggris dan Skotlandia selama 307 tahun akan berakhir. Menteri Pertama Skotlandia Alex Salmond di Twitter mengatakan “Ini hari yang luar biasa, masa depan Skotlandia benar-benar berada di tangan rakyat Skotlandia.”

Begitu 2.608 TPS ditutup, segera dimulai proses pengiriman ratusan kotak suara ke pusat penghitungan suara di masing-masing 32 pemerintah daerah Skotlandia. Termasuk 789.024 surat suara yang dikirim via pos.

Sebagian besar hasil referendum di otoritas lokal telah diketahui hari Jumat (19/9) jam 02.00 waktu setempat, dan untuk pertama kalinya pemilih berusia 16 dan 17 tahun berhak memilih. Setelah hasil otoritas lokal diketahui, Kepala Penghitung Suara Mary Pitcaithly akan mengumumkan hasil referendum di Royal Highland Center di Edinburgh.

Hasil referendum Skotlandia yang dilihat di bbc.com jam 10:30 WIB menunjukan pemilih “Tidak” berjumlah 965.790 orang, sementara pemilih “Ya” sebesar 779.689 orang. (bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home