Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:15 WIB | Kamis, 17 Juli 2014

Rekap KPU Prabowo Kalah di Lampung Selatan

Penghitungan suara di sebuah TPS di Depok dalam pemilihan presiden 9 Juli 2014. (Foto: Sabar Subekti)

KALIANDA, SATUHARAPAN.COM - Hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia 2014, Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 287.281 suara sah, unggul atas Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang mendapatkan 231.365 suara sah.

"Jokowi-JK unggul dengan selisih 56.456 suara," kata Ketua KPU Lampung Selatan M Abdul Hafid, di Kalianda, Kamis (17/7).

Rekapitulasi yang dihadiri seluruh tim sukses, saksi masing-masing pasangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), serta pejabat terkait itu berlangsung tertib dan lancar.

Masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 17 kecamatan pada kabupaten tersebut bergantian membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suaranya.

Ketua KPU Lampung Selatan, M Abdul Hafid mengatakan bahwa Pilpres 2014 ini berjalan bersih dan tertib, tidak ditemukan adanya kecurangan dari pihak pengawas.

"Tidak ditemukan adanya kecurangan seperti pemberian sembako, pembagian uang, dan temuan lainnya. Data C1 Lampung Selatan juga cukup rapi," jelas dia.

Selain itu, partisipasi pemilih di Lampung Selatan juga cukup tinggi dibanding Pemilu Legislatif 2014 yang mencapai 72 persen.

"Sebenarnya target kita 85 persen partisipasi pemilih, namun target itu lebih melebihi nasional yakni 70 persen," Abdul Hafid menambahkan.

Sementara hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Lampung Timur menyebut pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul 14,9 persen atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Dari suara sah sebanyak 541.795, pasangan Jokowi-JK memperoleh 311.267 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta mendapatkan perolehan 230.528 suara. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home