Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:17 WIB | Jumat, 19 September 2014

Resmi: Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Foto: AFP)

INCHEON, SATUHARAPAN.COM – Ketua Olimpiade Asia (The Olympic Council of Asia/OCA) telah menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, pada Jumat (19/9).

Asian Games adalah pesta olahraga dengan banyak cabang terbesar kedua setelah Olimpiade. Asian Games ke-17 tahun ini akan diikuti oleh 13,000 atlet, pelatih, dan pejabat olahraga dari 45 negara, yang meliputi 36 cabang olahraga.

"Hari ini telah disetujui oleh dewan eksekutif bahwa Asian Games 2018 berikutnya akan berlangsung di Jakarta, Indonesia," ucap Dewan Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al Fahad Al-Sabah,” seperti dikutip dari situs asiaone.com, Jumat (19/9).

Menurut dia, sebelumnya Vietnam telah disetujui untuk menjadi menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Namun pada April lalu, Vietnam menyatakan ketidaksanggupannya terkait dengan krisis ekonomi yang dideritanya. Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam menentukan pengganti Vietnam adalah biaya.

OCA sempat berencana memundurkan penyelenggaraan Asian Games ke-18 ke tahun 2019. Namun, karena tahun itu akan bertepatan dengan pemilihan umum Indonesia, maka akhirnya tetap dilaksanakan tahun 2018.

Salah satu hal yang turut menjadi topik diskusi adalah jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Asian Games 2014 mempertandingkan 36 cabang olahraga. Sedangkan Asian Games di Guangzhou 2010 mempertandingkan 42 cabang olahraga.

Sebenarnya, ketika Dewan Eksekutif OCA mendiskusikan siapa yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Kota Surabaya muncul sebagai pilihan setelah Dubai dan Hanoi. Namun, setelah Dubai menarik diri, maka pilihan dijatuhkan kepada Hanoi.

Menurut informasi, menjadi tuan rumah Asian Games perlu menyediakan dana sekitar  150 juta dollar Amerika Serikat (sekitar 1,65 triliun rupiah) guna membangun stadion olahraga baru dan desa atlet. Namun banyak juga yang berpendapat bahwa pada kenyataannya biaya yang dibutuhkan dapat saja lebih tinggi.

Asian Games pernah diadakan di Jakarta, yakni di tahun 1962. Sebelum pernyataan hari ini resmi dikeluarkan, Pemprov DKI Jakarta telah bersiap untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Persiapan itu meliputi rencana pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan stadion berskala internasional, juga pembangunan moda transportasi modern berbasis rel yaitu mass rapid transit (MRT).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home