Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:10 WIB | Senin, 03 November 2014

Ribuan Orang Tewas di Penjara Suriah Tahun Ini

Ribuan orang tewas di penjara Suriah tahun ini. (mradwan.org)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Hampir 2.000 orang tewas di penjara Suriah tahun ini, setelah mengalami penyiksaan, kelaparan dan tidak mendapat perawatan kesehatan, kata Observatorium HAM pada Minggu (2/11).

Pengawas yang berbasis di Inggris tersebut mengatakan, bahwa pihaknya mencatat 1.917 kematian di penjara Suriah sejak awal 2014, di antaranya merupakan 27 anak-anak di bawah usia 18 tahun dan,11orang wanita.

Banyak kelompok hak asasi manusia, yang mengkritik kondisi fasilitas-fasilitas penahanan di Suriah, menuduh rezim melakukan penyiksaan dan pelanggaran.

Sebelumnya pada tahun ini, 55.000 foto yang diselundupkan keluar oleh seorang mantan fotografer polisi militer Suriah, menggambarkan sekilas dari beberapa pelanggaran yang terjadi di dalam penjara Suriah.

Gambar digital dari 11.000 tahanan yang tewas menunjukkan jasad-jasad kerempeng, dan pembelot itu, yang bernama Ceasar, menjelaskan melihat mayat-mayat itu “penuh dengan luka dalam, luka bakar dan luka bekas cekikan.”

Observatorium mengatakan, jasad dari beberapa yang tewas di penjara diserahkan kepada keluarga mereka, sementara keluarga lain hanya diberitahukan bahwa orang yang mereka cintai tewas dan diperintahkan untuk mengumpulkan surat kematian.

Dalam beberapa kasus, keluarga dipaksa untuk menandatangani dokumen yang mengatakan keluarga mereka telah dibunuh oleh pasukan oposisi, menurut Observatorium tersebut, yang informasinya bergantung pada jaringan aktivis di dalam wilayah Suriah.  (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home