Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:16 WIB | Selasa, 26 September 2023

Ribuan Warga Armenia Meninggalkan Nagorno-Karabakh

Seorang anak laki-laki etnis Armenia dari Nagorno-Karabakh melihat dari mobil setibanya di Goris Armenia, kota di wilayah Syunik, Armenia, hari Senin, 25 September 2023. (Foto: AP)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Ribuan warga etnis Armenia keluar dari Nagorno-Karabakh setelah militer Azerbaijan merebut kembali kendali penuh atas wilayah yang memisahkan diri tersebut, sementara Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengunjungi Azerbaijan pada hari Senin (25/9) untuk menunjukkan dukungan kepada sekutunya.

Militer Azerbaijan berhasil mengalahkan pasukan etnis Armenia dalam serangan 24 jam pekan lalu, yang memaksa otoritas separatis setuju untuk meletakkan senjata dan memulai pembicaraan mengenai “reintegrasi” Nagorno-Karabakh ke Azerbaijan setelah tiga dekade dikuasai separatis.

Perundingan putaran kedua antara pejabat Azerbaijan dan perwakilan separatis Armenia dimulai di Khojaly pada Selasa (26/9) setelah pertemuan pembukaan pekan lalu.

Meskipun Azerbaijan berjanji untuk menghormati hak-hak etnis Armenia di wilayah tersebut dan memulihkan pasokan setelah blokade 10 bulan, banyak penduduk setempat yang takut akan pembalasan dan mengatakan mereka berencana berangkat ke Armenia.

Pemerintah Armenia mengatakan bahwa 4.850 warga Nagorno-Karabakh telah melarikan diri ke Armenia pada hari Senin tengah hari.

“Itu adalah mimpi buruk. Tidak ada kata-kata untuk dijelaskan. Desa itu diserang habis-habisan. Hampir tidak ada seorang pun yang tersisa di desa ini,” kata salah satu pengungsi yang berbicara kepada The Associated Press di kota Kornidzor, Armenia, dan menolak menyebutkan namanya karena alasan keamanan.

Moskow mengatakan bahwa pasukan penjaga perdamaian Rusia di Nagorno-Karabakh membantu evakuasi.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pada hari Senin bahwa dua tentaranya tewas sehari sebelumnya ketika sebuah truk militer menabrak ranjau darat. Pihaknya tidak menyebutkan lokasi di mana ledakan terjadi.

Respons Armenia

Dalam pidatonya pada hari Minggu (24/9), Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, mengatakan pemerintahnya bekerja sama dengan mitra internasional untuk melindungi hak dan keamanan warga Armenia di Nagorno-Karabakh.

“Jika upaya ini tidak membuahkan hasil yang nyata, pemerintah akan menyambut saudara dan saudari kita dari Nagorno-Karabakh di Republik Armenia dengan segala perhatian,” katanya.

Para pengunjuk rasa yang menuntut pengunduran diri Pashinyan terus memblokir jalan-jalan utama ibu kota Armenia pada hari Senin, dan kadang-kadang bentrok dengan polisi.

Pasukan penjaga perdamaian Rusia telah berada di wilayah tersebut sejak tahun 2020, ketika gencatan senjata yang ditengahi Rusia mengakhiri perang enam pekan antara Azerbaijan dan pasukan etnis Armenia di Nagorno-Karabakh.

Pashinyan dan banyak orang lainnya di Armenia menuduh pasukan penjaga perdamaian gagal mencegah permusuhan dan melindungi penduduk Armenia. Moskow menolak tuduhan tersebut, dengan alasan bahwa pasukannya tidak memiliki dasar hukum untuk melakukan intervensi, terutama setelah pengakuan Pashinyan atas Nagorno-Karabakh sebagai bagian dari Azerbaijan.

“Kami dengan tegas menentang upaya untuk menyalahkan pihak Rusia, terutama pasukan penjaga perdamaian Rusia, yang telah menunjukkan kepahlawanan sejati,” kata Peskov dalam panggilan konferensi dengan wartawan.

Dia menolak ketika ditanya apakah pasukan penjaga perdamaian Rusia akan tetap berada di wilayah tersebut, dan mengatakan bahwa “tidak ada yang bisa mengatakan apa pun untuk saat ini.”

Nagorno-Karabakh berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia, yang didukung oleh militer Armenia, dalam pertempuran separatis yang berakhir pada tahun 1994. Selama perang pada tahun 2020, Azerbaijan merebut kembali sebagian Nagorno-Karabakh beserta wilayah sekitarnya yang telah diklaim oleh pasukan Armenia selama konflik sebelumnya.

Pada bulan Desember, Azerbaijan memberlakukan blokade terhadap satu-satunya jalan yang menghubungkan Nagorno-Karabakh dengan Armenia, dengan tuduhan bahwa pemerintah Armenia menggunakan jalan tersebut untuk ekstraksi mineral dan pengiriman senjata terlarang ke pasukan separatis di wilayah tersebut.

Armenia menuduh penutupan tersebut mengakibatkan pasokan makanan pokok dan bahan bakar tidak tersedia bagi sekitar 120.000 penduduk Nagorno-Karabakh. Azerbaijan menolak tuduhan tersebut, dengan alasan wilayah tersebut dapat menerima pasokan melalui kota Aghdam di Azerbaijan, sebuah solusi yang telah lama ditentang oleh otoritas Nagorno-Karabakh, yang menyebutnya sebagai strategi bagi Azerbaijan untuk menguasai wilayah tersebut.

Respons Internasional

Pada hari Minggu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron menjanjikan dukungan untuk Armenia dan warga Armenia, dengan mengatakan bahwa Prancis akan memobilisasi bantuan makanan dan medis untuk penduduk Nagorno-Karabakh, dan terus berupaya menuju “perdamaian berkelanjutan” di wilayah tersebut.

Prancis, yang memiliki diaspora Armenia yang besar, selama beberapa dekade telah memainkan peran mediasi di Nagorno-Karabakh. Beberapa ratus orang berunjuk rasa di luar Kementerian Luar Negeri Prancis pada akhir pekan, menuntut sanksi terhadap Azerbaijan dan menuduh Paris tidak berbuat cukup untuk melindungi kepentingan Armenia di wilayah tersebut.

“Prancis sangat waspada terhadap integritas wilayah Armenia karena itulah yang terjadi dipertaruhkan,” kata Macron dalam sebuah wawancara dengan televisi France-2 dan TF1, menuduh Rusia terlibat dengan Azerbaijan dan menuduh Turki mengancam perbatasan Armenia.

Rusia telah menjadi sekutu utama dan sponsor Armenia dan memiliki pangkalan militer di sana, tetapi Rusia juga berupaya menjaga hubungan persahabatan dengan Azerbaijan. Namun pengaruh Moskow di wilayah tersebut dengan cepat berkurang di tengah perang Rusia di Ukraina, sementara pengaruh sekutu utama Azerbaijan, Turki, meningkat.

Erdogan tiba di eksklave Nakhchivan Azerbaijan pada hari Senin untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, guna membahas hubungan Turki-Azerbaijan serta masalah regional dan global. Nakhchivan terputus dari wilayah Azerbaijan lainnya oleh wilayah Armenia tetapi membentuk perbatasan tipis dengan Turki.

Selama kunjungan satu harinya ke wilayah tersebut, Erdogan juga akan menghadiri pembukaan pipa gas dan pangkalan militer yang dimodernisasi, kantornya menambahkan dalam sebuah pernyataan.

Ditanya tentang kunjungan Erdogan, Peskov, juru bicara Kremlin, menyuarakan harapan bahwa kunjungan tersebut akan “berkontribusi pada keamanan regional dan membantu menormalkan kehidupan di Karabakh.”

Sementara itu, kepala Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat, Samantha Power, mengunjungi Armenia pada hari Senin untuk “menegaskan dukungan AS terhadap kedaulatan, kemerdekaan, integritas wilayah, dan demokrasi Armenia serta membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan akibat kekerasan baru-baru ini di Nagorno-Karabakh, kata kantornya dalam sebuah pernyataan. Ia didampingi oleh Penjabat Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Eropa dan Eurasia, Yuri Kim.

“Amerika Serikat sangat prihatin dengan laporan mengenai kondisi kemanusiaan di Nagorno-Karabakh dan menyerukan akses tanpa hambatan bagi organisasi kemanusiaan internasional dan lalu lintas komersial,” kata USAID. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home