Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:38 WIB | Senin, 14 Desember 2015

Riza Chalid Mangkir dari Sidang MKD Hari ini

Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang, menutup sidang pemeriksaan Riza Chalid pada hari Senin (14/12). Riza Chalid tidak memenuhi panggilan MKD pada hari ini. (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pengusaha minyak Mohamad Riza Chalid tidak memenuhi panggilan pemeriksaan sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, hari ini, Senin (14/12).

Menurut jadwal, Riza Chalid semestinya diperiksa MKD pada pukul 10.00 WIB. Namun hingga pukul 11.00 WIB belum tampak kehadiran Riza di ruangan sidang MKD.

Sejak persidangan etik perkara Setya Novanto dimulai, Riza Chalid sudah dua kali dipanggil MKD, namun tidak pernah memenuhi panggilan tersebut. Keterangan Riza diperlukan karena dia dua kali menemani Setya Novanto saat menemui Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Dalam pertemuan terakhir yang direkam oleh Maroef, diduga ada permintaan saham PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama Kepala Negara.

Pimpinan dan anggota MKD akhirnya memutuskan menutup sidang pemeriksaan Riza Chalid pagi ini.

"Beliau (Riza Chalid) tidak hadir, dan tidak memberikan jawaban kepada sekretariat MKD. Oleh karena itu, atas kesepakatan anggota dan pimpinan MKD memutuskan menutup sidang untuk bapak Riza Chalid, hingga nanti kami rapat internal," kata Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, hari Senin (14/12).

Menurut Junimart Girsang, rapat internal MKD akan menentukan pemanggilan Riza Chalid berikutnya apakah masih diperlukan atau akan dipanggil paksa melalui pihak kepolisian.

Sementara itu, MKD juga akan memeriksa Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, pada hari ini pukul 13.00 WIB.

MKD akan meminta keterangan Luhut terkait percakapan rekaman dalam pertemuan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, pada 8 Juni 2015.

Menurut Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang, keterangan Luhut diperlukan karena namanya disebut 66 kali dalam rekaman percakapan antara Setya Novanto, Riza, dan Maroef.

Sebelumnya di waktu terpisah, Luhut telah menyatakan siap untuk memenuhi panggilan MKD dan menjalani sidang terbuka pada hari Senin ini.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home