Loading...
EKONOMI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 11:33 WIB | Selasa, 06 Agustus 2013

Road Map Pengembangan Industri Perkapalan Nasional, Rampung Disusun Kemenperin

Industri Perkapalan Indonesia (dok: suara dinihari)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Road Map atau Peta Panduan pengembangan industri perkapalan nasional hingga tahun 2025 telah rampung disusun oleh Kementerian Perindustrian. Dalam road map tersebut, fokus pengembangan industri perkapalan nasional adalah mengembangkan pembangunan kapal berkapasitas 300.000 deadweight tonnage (DWT). Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi impor kapal.

“Pada 2012, industri kapal nasional mampu membangun kapal barang, kapal penumpang, kapal tanker dengan kapasitas 50.000 DWT,” kata Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Budi Darmadi, dalam siaran pers yang diterima satuharapan. Hal ini sebagai bukti sasaran road map yang telah dilakukan. “Target 2015, industri kapal nasional dapat membangun kapal berukuran 85.000 DWT, juga mampu mereparasi kapal sampai 150.000 DWT. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan dalam mendesain dan merekayasa kapal,” lanjut Budi lagi.

Road Map tersebut juga mencantumkan target lain yaitu, industri perkapalan nasional mampu membangun kapal dengan kapasitas 200.000 DWT pada 2020 dan ukuran 300.000 DWT pada tahun 2025.Budi optimistis, kemampuan produksi galangan kapal bisa meningkat dalam jangka waktu lima tahun kedepan.

Untuk dapat mewujudkan semua target yang tercantum dalam road map pengembangan industri kapal nasional tersebut, diperlukan pembangunan dibeberapa bidang. Seperti pengembangan industri pendukung di dalam negeri, yang mencakup industri bahan baku dan komponen lokal, serta pengembangan pusat peningkatan keterampilan sumber daya manusia.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home