Loading...
BUDAYA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 19:28 WIB | Minggu, 08 Mei 2016

Rumoh Budaya Pertunjukkan Warisan Budaya Aceh Keunebah

Rumoh Budaya Pertunjukkan Warisan Budaya Aceh Keunebah (Foto: indonesiakaya.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Rumoh Budaya yang merupakan organisasi berkumpulnya pemuda dan seniman Aceh di Jakarta akan menggelar pertunjukan “Keunebah oleh Rumoh Budaya” di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Keunebah diartikan sebagai simpanan budaya turun temurun yang diwarisi oleh para penghulu.

Menurut masyarakat Aceh, simpanan budaya adalah harta yang paling berharga, sehingga harus terus dilestarikan, dikerjakan, dan diapresiasi oleh penerusnya dalam bentuk seni tradisi yang tidak melenceng dari kebudayaan dan agama.

Rumoh Budayo berkarya berdasarkan nilai kesenian dan budaya sosial Aceh guna menyadarkan sesama bahwa alam mempunyai potensi yang patut digali dan dijaga. Pemuda Aceh dalam organisasi ini juga ingin menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian tradisional dan menjadikan sumber inspirasi dalam sebuah karya.

Rumoh Budaya sekaligus menjadi tempat pemuda dan seniman Aceh menjalin silaturahmi, bertukar pikiran, berkreativitas, membuat kegiatan yang berkaitan dengan kesenian, serta melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Aceh.

“Keunebah oleh Rumoh Budaya” ini akan menampilkan seni tradisi berupa tarian Seudati, Ratoh Jaroe, Hikayat Aceh, dan musik tradisi Aceh, yang dapat disaksikan pada tanggal 28 Mei 2016 pukul 15.00 WIB. (indonesiakaya.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home