Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:22 WIB | Jumat, 08 April 2016

Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp 13.134

Petugas Bank Mandiri menunjukkan pecahan uang rupiah dan dollar Amerika Serikat di Jakarta, Jumat (18/3). Nilai tukar rupiah melanjutkan penguatannya dengan terapresiasi 0,27 persen atau 35 poin ke level Rp13.040 per dolar AS pada pembukaan perdagangan Jumat (18/3). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta hari Jumat (8/4) sore bergerak menguat sebesar 28 poin menjadi Rp 13.134 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp 13.162 per dolar AS. Pada Jumat pagi rupiah sudah menguat tipis sebesar lima poin menjadi Rp 13.157.

Analis Platon Niaga Berjangka, Lukman Leong di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa optimisme investor terhadap ekonomi Indonesia yang relatif masih baik menjadi salah satu faktor yang menopang mata uang rupiah berada di area positif.

"Sejumlah data ekonomi Indonesia yang telah dirilis cukup baik, diantaranya cadangan devisa Maret naik menjadi 107,54 miliar dolar AS dapat menjaga optimisme pelaku pasar uang sehingga target perekonomian domestik di atas 5 persen pada tahun ini dapat tercapai, diharapkan sentimen itu terjaga," katanya.

Menurut dia, meski ke depan ada revisi dalam APBNP, diharapkan tidak mempengaruhi optimisme investor terhadap perekonomian Indonesia sehingga aliran dana asing yang masuk terus mengalir ke dalam negeri.

Ia menambahkan bahwa penguatan rupiah juga tidak lepas dari pengaruh eksternal, harga minyak mentah dunia mulai bergerak menuju level 40 dolar AS, situasi itu dapat menopang komoditas lainnya turut menguat.

"Indonesia yang merupakan salah satu negara penghasil komoditas akan merasakan dampak positifnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa pelaku pasar diharapkan tetap berhati-hati mengingat laju dolar AS masih berpotensi pulih menyusul rilis data klaim pengangguran Amerika Serikat terbilang membaik menyusul.

Departemen tenaga kerja AS merilis jumlah klaim pengangguran baru berkurang sebanyak 9.000 menjadi 267.000 dalam pekan yang berakhir 2 April, lebih baik dari estimasi.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat (8/4) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp 13.169 dibandingkan hari sebelumnya (7/4) Rp 13.197.  (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home