Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:11 WIB | Kamis, 25 April 2024

Rusia Akan Serangan Kota Kharkiv, Ukiraina, Sebagian Warga Mengungsi, Lainnya Bertyahan

Olha Faichuk, 79 tahun, tengah, menangis saat mengucapkan selamat tinggal kepada tetangganya di depan gedung apartemennya, yang rusak berat akibat serangan udara Rusia, di Lukiantsi, wilayah Kharkiv, Ukraina, pada Selasa, 16 April 2024. (Foto: dok. AP/Evgeniy Maloletka)

KHARKIV-UKRAINA, SATUHARAPAN.COM-Seorang perempuan berusia 79 tahun membuat tanda salib dan, sambil menggenggam tongkatnya, meninggalkan rumahnya di sebuah desa kuno di timur laut Ukraina.

Gorden yang robek, pecahan kaca, dan pepohonan hangus berserakan di halaman gedung apartemen Olha Faichuk di Lukiantsi, sebelah utara kota Kharkiv. Di bangku terdekat, terdapat ponsel yang tertembus pecahan peluru milik salah satu dari dua orang yang tewas ketika bom Rusia meledak, meninggalkan lubang hitam di belakangnya.

“Tuhan, maafkan saya karena meninggalkan rumah, berkati perjalanan saya,” kata Faichuk sambil melihat sekeliling untuk terakhir kalinya sebelum perlahan-lahan berjalan menuju kendaraan evakuasi.

Berbeda dengan desa-desa yang berada di garis depan di timur, serangan terhadap desa perbatasan dekat wilayah Belgorod, Rusia, jarang terjadi sampai gelombang serangan udara dimulai pada akhir Maret.

Rusia tampaknya mengeksploitasi kekurangan pertahanan udara di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, untuk menghancurkan infrastruktur energi di wilayah tersebut dan meneror 1,3 juta penduduknya. Hampir 200.000 penduduk kota masih hidup tanpa aliran listrik, sementara 50% penduduk di wilayah tersebut masih mengalami pemadaman listrik, kata para pejabat.

Ketika perusahaan utilitas berusaha keras untuk memenuhi permintaan listrik sebelum awal musim dingin dalam enam bulan, Rusia terus melepaskan bom udara yang mematikan untuk mengusir lebih banyak penduduk. Beberapa pejabat dan analis memperingatkan hal ini mungkin merupakan upaya bersama Moskow untuk membentuk kondisi bagi serangan musim panas untuk merebut kota tersebut.

Mengakui perlunya memperkuat pertahanan udara, Oleh Syniehubov, gubernur wilayah Kharkiv, mengatakan: “Kami memahami dengan jelas bahwa musuh sebenarnya memanfaatkan kerentanan ini setiap hari.”

Perjuangan Kharkiv mencerminkan masalah yang lebih luas: Ketika sekutu-sekutu Barat kesulitan memberikan bantuan yang dijanjikan kepada Kiev, Moskow dengan sabar meningkatkan serangannya hingga – diharapkan – perlawanan Ukraina terhenti.

Hanya Butuh 30 Detik

Serangan tersebut, yang dimulai pada tanggal 22 Maret, memusnahkan kemampuan Kharkiv untuk menghasilkan dan mendistribusikan listrik.

Rudal yang ditembakkan dari Belgorod membutuhkan waktu 30 detik untuk mencapai sasarannya di Kharkiv, yang hanya berjarak 30 kilometer (18 mil), yang setara dengan waktu yang dibutuhkan sistem pertahanan udara untuk merespons. Dalam serangan terakhir, Rusia meluncurkan 22 rudal secara bersamaan untuk mengerumuni dan mengacaukan pertahanan tersebut, kata Syniehubov.

Pekerja energi juga hanya punya waktu 30 detik untuk mencari perlindungan.

Di CHP-5, sebuah pabrik di Kharkiv yang menghasilkan listrik dan panas, bau asap yang tajam masih menggantung di udara. Generator dan turbinnya yang rusak harus diganti, menurut manajer pabrik Oleksandr Minkovich.

Pembangkit tersebut menyuplai 50% listrik di wilayah tersebut dan 35% pemanas kota, kata Minkovich. Kota ini telah diserang enam kali sejak invasi Rusia dimulai, namun serangan terbaru menghancurkan “segala kemungkinan” untuk pembangkit listrik, katanya.

Suku cadang untuk pabrik era Uni Soviet hanya dapat diperoleh dari Rusia, dan pemulihan penuh kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun, katanya. Namun Minkovitch berharap mitra Barat Ukraina akan menyediakan teknologi modern untuk mendesentralisasikan listrik pada musim dingin.

Tanpa ini, katanya, dia tidak yakin bagaimana memenuhi permintaan.

Agar lampu tetap menyala, listrik dialihkan ke Kharkiv dari wilayah tetangga, namun proses ini membebani jaringan listrik secara berlebihan dan menyebabkan pemadaman listrik tidak terjadwal. Dunia usaha jarang mengetahui kapan dan untuk berapa lama mereka dapat mengandalkan jaringan listrik.

“Kami bangun setiap hari dan tidak tahu apakah kami akan memiliki kekuatan atau tidak,” kata Oleh Khromov, pemilik restoran populer di Kharkiv, Protagonist.

Rumah Yang Tidak Dapat Dihuni

Dari puluhan eks penghuni, hanya 10 orang yang masih bertahan di blok apartemen Faichuk di Lukiantsi.

“Mengapa mereka membunuh kita?” Valentyna Semenchenko, 71 tahun, berkata sambil menangis saat temannya diusir.

Serhii Novikov, seorang sukarelawan di LSM “I Am Saved,” yang mengorganisir evakuasi, mengatakan peningkatan penggunaan bom luncur udara di Rusia membuat semakin banyak komunitas di dekat perbatasan Belgorod tidak dapat dihuni.

Bahkan jika sebuah bom jatuh di dekat sebuah rumah, maka “rumah tersebut tidak layak huni karena gelombang kejutnya sangat besar sehingga menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya,” kata Novikov.

Yulia Shdanevych membuat keputusan menyakitkan untuk meninggalkan rumahnya di desa terdekat Liptsi setelah dua orang dewasa dan seorang anak terbunuh dalam serangan udara pada 10 April. Serangan rudal dan mortir sebelumnya tidak menyebabkan kematian, namun hal itu berubah dengan diperkenalkannya bom udara.

“Sebelumnya mereka menargetkan satu gedung manufaktur,” kata Shdanevych. “Sekarang mereka seolah-olah menyerang warga sipil secara langsung.”

Tidak ada aliran listrik di tempat penampungan Kharkiv ketika Shdanevych tiba, dan dia mengisi dokumen dengan cahaya lampu bertenaga baterai. Direktur Ihor Kasinksy mengatakan fasilitas tersebut mengalami pemadaman listrik dan air.

Sebelum perang, 2.000 orang tinggal di desa Rubizhne, 14 kilometer dari perbatasan Rusia. Saat ini, hanya tersisa 60 orang, termasuk Olha Bezborodova. Tapi dia tidak yakin berapa lama dia akan tinggal.

“Ini sangat sulit. Jika kita punya cahaya, itu akan mudah,” kata Bezborodova sambil menggendong balitanya. Dia mengatakan berbagai organisasi telah membantunya memperbaiki rumahnya, “tetapi mereka (Rusia) belum selesai, mereka terus melakukan pengeboman.”

Resistensi

Para pejabat Ukraina berbeda pendapat mengenai pentingnya serangan baru-baru ini di Kharkiv.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan bukan rahasia lagi bahwa Rusia ingin mengambil alih wilayah tersebut, namun intelijen militer Ukraina menyebut rumor tentang serangan yang akan datang sebagai “operasi psikologis” untuk menimbulkan kepanikan.

Para analis berpendapat serangan yang lebih besar tidak dapat dikesampingkan, mengingat intensitas serangan yang terjadi baru-baru ini. Ukraina tidak mau mengambil risiko dan telah membangun benteng di pinggiran kota.

Oleksander, seorang insinyur di salah satu perusahaan yang terlibat dalam pekerjaan itu, mengatakan para kru telah menggali parit anti tank, memasang gigi naga dan membangun jaringan parit untuk menahan pasukan Rusia. Dia tidak diizinkan menyebutkan nama belakangnya atau nama perusahaannya karena alasan keamanan.

Dia memiliki tenggat waktu awal Mei untuk menyelesaikan pekerjaannya. “Kami akan tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, kafe dan restoran tetap ramai di Kharkiv, di mana penduduk setempat sudah terbiasa berbicara di tengah deru generator. Di Protagonist, menu alternatif menyajikan opsi untuk memesan saat listrik mati.

“Orang-orang yang tinggal di sini dan menjaga bisnis tetap terbuka dan mencoba melakukan sesuatu, mereka bukanlah karakter tragis yang tidak punya tujuan,” kata Khromov. “Mereka adalah tipe penggila yang mencoba memahami hal tersebut, yang masih tertarik untuk membangun sesuatu.”

Di toko roti terdekat, para pekerja mencatat penjualan secara manual, sehingga mereka dapat menjatah listrik untuk menjaga makanan tetap dingin. “Kami berusaha mengatasinya,” kata Oleksandra Silkina, 34 tahun.

“Kami telah diserang sejak tahun 2022, jadi kami sudah terbiasa dengan serangan ini,” tambahnya. “Kami tidak akan meninggalkan kota ini. Ini kota kami.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home