Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:07 WIB | Kamis, 11 April 2024

Ukraina Serang Pabrik Penerbangan Rusia di Wilayah Voronezh

Pemandangan menunjukkan blok apartemen bertingkat yang rusak menyusul laporan serangan pesawat tak berawak di Voronezh, Rusia, pada 16 Januari 2024. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Badan mata-mata militer Ukraina, GUR, menyerang fasilitas produksi utama pabrik penerbangan Rusia di wilayah Voronezh, kata sumber intelijen Ukraina kepada Reuters.

Sumber tersebut tidak memberikan rincian mengenai skala kerusakan atau senjata yang digunakan dalam serangan tersebut.

Sementara itu, dilaporkan bahwa sebuah rudal anti kapal, Neptunus, yang diluncurkan Ukraina hancur di Laut Hitam, dan empat drone jatuh di wilayah Belgorod dan Voronezh, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa (9/4).

“Sistem pertahanan udara yang bertugas menghancurkan empat kendaraan udara tak berawak Ukraina di wilayah Belgorod (2 UAV) dan Voronezh (2 UAV), dan rudal (Neptunus) Ukraina dihancurkan di Laut Hitam di lepas pantai Semenanjung Krimea, kata kementerian itu melalui aplikasi perpesanan Telegram.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen. Belum ada komentar langsung dari Ukraina.

Sistem pertahanan udara Ukraina juga dilaporkan menghancurkan 20 drone penyerang yang diluncurkan Rusia untuk menargetkan Ukraina, kata Komandan Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk pada hari Selasa.

Drone-drone tersebut dihancurkan di wilayah Mykolaiv, Odesa, Kherson, Dnipropetrovsk, Poltava, Vinnytsia dan Lviv, kata Oleshchuk melalui aplikasi pesan Telegram.

Dia menambahkan bahwa Rusia juga meluncurkan empat rudal dari sistem rudal permukaan-ke-udara S-300, namun dia tidak mengatakan apa yang terjadi dengan rudal tersebut.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi komentar Oleshchuk. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home