Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:03 WIB | Selasa, 16 Februari 2021

Rusia dan AS Sedang Bahas Pertukaran Tahanan

Paul Whelan, mantan marinir AS yang dituduh melakukan spionase dan ditangkap di Rusia pada Desember 2018. Dia berdiri di dalam sangkar terdakwa saat dia menunggu putusannya di Moskow pada 15 Juni 2020. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia dan Amerika Serikat sedang dalam pembicaraan tentang kemungkinan pertukaran tahanan yang dapat menjamin pembebasan bagi Paul Whelan, mantan marinir AS yang dipenjara karena tuduhan mata-mata, dalam dua hingga tiga bulan, kata pengacaranya kepada Reuters pada hari Senin (15/2).

Rusia menghukum Whelan, yang memegang paspor AS, Inggris, Kanada, dan Irlandia, karena melakukan kegiatan mata-mata pada Juni lalu dan menjatuhkan hukuman 16 tahun penjara. Dia membantah memata-matai dan mengatakan dia ditahan dalam operasi tangkap tangan yang diatur. Pihak Washington menuntut pembebasannya.

Moskow mengatakan bahwa Whelan telah tertangkap basah dengan informasi rahasia di sebuah kamar hotel di Moskow tempat agen dari Dinas Keamanan Federal menahannya pada 28 Desember 2018.

Pengacara Whelan di Rusia, Vladimir Zherebenkov, mengatakan bahwa pembicaraan tentang pertukaran sekarang sedang berlangsung antara dinas keamanan Rusia dan AS. "Saya berbicara dengan Silovik (dinas keamanan Rusia). Mereka mengatakan bahwa negosiasi sedang berlangsung. Masalah pertukaran akan diselesaikan," katanya.

"Sejauh yang saya mengerti beberapa inisiatif telah muncul, saya pikir pihak Amerika telah memulai pembicaraan... khususnya di bawah Biden," katanya.

Zherebenkov pernah mengatakan di masa lalu bahwa dia yakin Moskow menginginkan kesepakatan pertukaran, termasuk untuk Whelan. Belum ada laporan sebelumnya bahwa pembicaraan dengan pemerintahan Presiden AS Joe Biden terjadi.

"Menurut informasi saya, negosiasi sedang berlangsung dan soal serah terima akan diselesaikan dalam dua hingga tiga bulan mendatang," tambahnya. Namun Kedutaan Besar AS tidak membalas permintaan komentar.

Zherebenkov mengatakan dia tidak dalam posisi untuk mengatakan apakah pembicaraan itu membahas kasus Trevor Reed, mantan marinir AS lainnya yang dipenjara oleh Rusia selama sembilan tahun pada bulan Juli karena membahayakan nyawa dua polisi Moskow.

Washington telah memprotes kasus Whelan dan Reed, menggambarkan persidangan yang terakhir sebagai "teater absurd" dan tidak memiliki bukti serius.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada 27 Januari bahwa Reed dan Whelan secara keliru ditampilkan di Barat sebagai korban yang tidak bersalah, dan mereka telah dihukum karena kejahatan di Rusia. Dikatakan pembicaraan tentang pertukaran mereka digunakan untuk memberikan tekanan pada Moskow.

Zherebenkov mengatakan ada berbagai pandangan di Moskow tentang orang-orang Rusia yang ditahan oleh Amerika Serikat dapat ditukar dengan Whelan. Dia menunjuk pedagang senjata Viktor Bout dan Konstantin Yaroshenko, yang dihukum karena konspirasi menyelundupkan kokain.

Rusia telah lama meminta pembebasan mereka. Dia juga menyarankan pengusaha Rusia yang tidak disebutkan namanya dan orang-orang yang dia gambarkan sebagai pemrogram komputer. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home