Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:16 WIB | Selasa, 22 Maret 2022

Rusia Frustrasi dan Mengintensifkan Serangan Udara dan Laut ke Ukraina

Pertahanan Ukraina dinilai mampu menghambat invasi Rusia, bahkan membuat frustrasi pada hari ke-26 invasi.
Orang-orang berdiri di lokasi pengeboman di sebuah pusat perbelanjaan di Kyiv saat invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, Ukraina, 21 Maret 2022. (Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia meningkatkan operasi militer udara dan laut dalam gelombang invasi di Ukraina, di mana pertahanan yang dipasang oleh Kiev menghentikan invasi, kata Pentagon, hari Senin (21/3).

Kremlin "putus asa" untuk meningkatkan momentumnya dalam perang di mana pasukannya telah "frustrasi dan bingung" oleh perlawanan yang telah menunjukkan daya tahan meskipun kalah jumlah awak dan persenjataan, kata seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat.

Pasukan Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah meningkatkan serangan mendadak mereka di dekat Ukraina, menerbangkan lebih dari 300 misi dalam 24 jam terakhir, dengan Kiev juga meningkatkan operasi udara mereka sendiri dalam upaya untuk menyangkal superioritas Rusia di langit, kata pejabat itu kepada wartawan.

Beberapa dari operasi tersebut adalah pertempuran udara, karena militer Rusia cenderung menembakkan rudal udara-ke-darat ke sasaran Ukraina dari langit Rusia atau Belarusia.

“Mereka tidak menjelajah terlalu jauh atau terlalu lama ke wilayah udara Ukraina, karena Ukraina telah mempertahankan wilayah udara mereka dengan sangat tangkas,” kata pejabat yang berbicara dengan syarat anonim.

Di Laut Hitam utara, Rusia menunjukkan “peningkatan aktivitas angkatan laut” dalam penggunaan beberapa kapal perang yang berkontribusi terhadap penembakan di sekitar kota pelabuhan utama Odessa, katanya.

Namun dia menambahkan itu bukan tanda yang jelas dari serangan amfibi yang akan segera terjadi di Odessa, di mana warga sipil bersiap untuk menyerang.

“Apa yang kami lihat adalah upaya yang hampir putus asa oleh Rusia untuk mendapatkan beberapa momentum dan mencoba untuk mengubah arah ini menguntungkan mereka,” kata pejabat pertahanan, mencatat bahwa pada hari ke-26 ofensif, pasukan Rusia tetap ditembaki di 15 kilometer barat laut dan 30 kilometer timur Kiev.

Pada akhir pekan Moskow mengklaim telah menembakkan rudal hipersonik ke sasaran di Ukraina, tetapi Pentagon pada hari Senin (21/3) tidak akan mengkonfirmasi atau membantah bahwa persenjataan generasi berikutnya telah digunakan.

Pejabat senior pertahanan memang menawarkan bahwa dari sudut pandang militer menggunakan rudal hipersonik untuk mencapai target stasioner tidak masuk akal. “Bisa jadi mereka mencoba mengirim pesan ke Barat tetapi juga ke Ukraina, dan mencoba untuk mendapatkan pengaruh di meja perundingan,” tambahnya.

Rusia juga telah mengalami “jumlah kegagalan yang tidak signifikan” dari amunisi berpemandu presisinya, kata pejabat itu. Tetapi kekuatan tempur militer yang tersedia tetap sekitar 90 persen, tambahnya.

Kekuatan tempur Ukraina berada pada tingkat yang sama sebagian karena kontribusi dari Washington dan kekuatan barat lainnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home