Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:24 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Rusia Membom Kota-kota di Seluruh Ukraina

Mobil-mobil yang terbakar setelah serangan rudal Rusia, saat serangan Rusia berlanjut, di Kiev, Ukraina, pada hari Senin, 10 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia membom kota-kota di seluruh Ukraina selama jam sibuk pada hari Senin (10/10) pagi dalam serangan balas dendam yang terang-terangan setelah Presiden Vladimir Putin menyatakan ledakan di jembatan ke Krimea sebagai serangan teroris.

Rudal menghantam kota Kiev, serangan paling intens di ibu kota sejak Rusia mengabaikan upaya untuk merebutnya pada pekan awal perang pada bulan Februari lalu.

Tubuh seorang pria dengan jeans tergeletak di jalan di persimpangan yang ramai, dikelilingi oleh mobil-mobil yang terbakar setelah serangan itu. Seorang tentara memotong pakaian seorang perempuan yang berbaring di rumput untuk mencoba mengobati luka-lukanya. Sebuah kawah besar terkoyak di lumpur di sebelah taman bermain di pusat Kiev Park.

Ledakan juga dilaporkan terjadi di Lviv, Ternopil dan Zhytomyr di barat Ukraina dan Dnipro dan Kremenchuk di Ukraina tengah.

“Mereka mencoba untuk menghancurkan kami dan melenyapkan kami dari muka bumi… menghancurkan orang-orang kami yang tidur di rumah di Zaporizhzhia. zmembunuh orang-orang yang pergi bekerja di Dnipro dan Kiev,” kata Presiden Volodymyr Zelenskyy di aplikasi perpesanan Telegram.

“Sirine serangan udara tidak mereda di seluruh Ukraina. Ada rudal yang menghantam. Sayangnya, ada yang tewas dan terluka.”

“Ukraina berada di bawah serangan rudal. Ada informasi tentang serangan di banyak kota di negara kita," kata Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, di media sosial, menyerukan penduduk untuk tinggal di tempat penampungan.

Seorang saksi kemudian melaporkan ledakan di wilayah Belgorod Rusia dekat perbatasan. Di salah satu persimpangan jalan tersibuk di Kiev, sebuah kawah besar akiba ledakan di persimpangan. Mobil hancur, bangunan rusak dan pekerja darurat berada di tempat kejadian.

Dua mobil dan sebuah van di dekat kawah hancur total, akibat pecahan peluru. Jendela-jendela telah meledak dari gedung-gedung di Universitas Taras Shevchenko di Kiev. Pasukan Garda Nasional dengan perlengkapan tempur lengkap dan membawa senapan serbu berbaris di luar gedung serikat pendidikan.

“Ibukota sedang diserang teroris Rusia! Rudal menghantam benda-benda di pusat kota (di distrik Shevchenkivskyi) dan di distrik Solomyanskyi. Sirene serangan udara berbunyi, dan oleh karena itu ancaman terus berlanjut,” walikota Vitali Klitschko memposting di media sosial.

“Jalan-jalan pusat Kiev telah diblokir oleh petugas penegak hukum, layanan penyelamatan sedang bekerja.”

Serangan itu menyusul ledakan yang merusak satu-satunya jembatan di atas Selat Kerch ke semenanjung Krimea, yang disebut Putin pada Minggu (9/10) sebagai "tindakan terorisme yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil yang sangat penting."

“Ini dirancang, dilakukan dan diperintahkan oleh layanan khusus Ukraina,” katanya dalam sebuah video di saluran Telegram Kremlin.

Ukraina belum mengaku bertanggung jawab atas ledakan di jembatan itu tetapi telah merayakannya. Pejabat senior Rusia menuntut tanggapan cepat dari Kremlin menjelang pertemuan dewan keamanan Putin pada hari Senin.

Jembatan itu adalah rute pasokan utama bagi pasukan Rusia di Ukraina selatan dan simbol kendali Rusia atas Krimea, semenanjung yang dicaploknya setelah pasukannya merebutnya pada 2014.

Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev, mengatakan menjelang pertemuan bahwa Rusia harus membunuh "teroris" yang bertanggung jawab atas serangan itu.

“Rusia hanya dapat menanggapi kejahatan ini dengan membunuh teroris secara langsung, seperti kebiasaan di tempat lain di dunia. Inilah yang diharapkan warga Rusia,” katanya seperti dikutip oleh kantor berita negara TASS.

Alexander Bastrykin, kepala Komite Investigasi Rusia, mengatakan pada hari Minggu bahwa sebuah kendaraan meledak di jembatan, setelah melewati Bulgaria, Georgia, Armenia, Ossetia Utara dan wilayah Krasnodar Rusia.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mentweet pada hari Senin (10/10) setelah serangan: “Satu-satunya taktik Putin adalah teror di kota-kota Ukraina yang damai, tetapi dia tidak akan menghancurkan Ukraina. Ini juga tanggapannya terhadap semua penolong yang ingin berbicara dengannya tentang perdamaian: Putin adalah teroris yang berbicara dengan rudal.

Serangan Baru ke Zaporizhzhia

Di tenggara Ukraina, penembakan Rusia terjadi semalam menghancurkan gedung apartemen lain di kota Zaporizhzhia, Gubernur regional Oleksandr Starukh mengatakan. Pada hari Senin, setidaknya satu orang tewas dan lima lainnya terluka dalam serangan itu, kata seorang pejabat kota.

Serangan sebelum fajar adalah serangan rudal Rusia ketiga terhadap gedung-gedung apartemen di kota itu dalam empat hari. Kota itu, yang tidak pernah direbut oleh pasukan Rusia, adalah ibu kota salah satu dari empat wilayah yang diduduki sebagian oleh Rusia yang diklaim telah dicaplok bulan ini.

Rusia telah menghadapi kemunduran besar di medan perang sejak awal September, dengan pasukan Ukraina menerobos garis depan dan merebut kembali wilayah di timur laut dan selatan.

Putin menanggapi kerugian tersebut dengan memerintahkan mobilisasi ratusan ribu pasukan cadangan, memproklamirkan pencaplokan wilayah yang diduduki dan mengancam berulang kali untuk menggunakan senjata nuklir. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home