Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:38 WIB | Senin, 10 Oktober 2022

Rusia Menjadi Defensif, Sedangkan Ukraina Berkembang Menjadi Pejuang

Penduduk setempat yang tertekan duduk di lokasi daerah perumahan yang rusak berat akibat serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Zaporizhzhia, Ukraina, pada 9 Oktober 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin, memerintahkan pasukan tanpa tanda ke Ukraina pada tahun 2014, pertama di Krimea dan kemudian di perbatasan timur Donbas, mereka lebih siap, terlatih, dan terorganisir, dan mereka menghancurkan lawan-lawan mereka.

Delapan tahun kemudian, peran itu terbalik. Itu karena banyak faktor: Senjata dan pelatihan modern yang diberikan kepada Ukraina oleh sekutunya, moral militernya yang jauh lebih baik, kaliber komandannya, bantuan intelijen dan perencanaan dari Amerika Serikat, ditambah kesalahan taktis yang dahsyat oleh Kremlin dan jenderalnya.

Namun, ada satu penyebab yang menonjol: cara yang sangat berbeda di mana dua tentara yang sama-sama berakar dari Soviet belajar berperang.

Dampak di dalam dan di luar medan perang sangat besar, dengan pasukan Ukraina mampu melakukan operasi pasukan gabungan yang cepat dalam perjalanan di bulan September dari Kharkiv di timur laut ke wilayah Donbas yang, hanya beberapa bulan sebelumnya, telah masih di luar kemampuan musuh Rusia mereka.

Di wilayah Kherson selatan, Ukraina telah menambahkan front besar ketiga di mana memaksa pasukan Rusia mundur, mengikuti kota Kharkiv dan, pada bulan April, ibu kota, Kiev. Pada hari Sabtu, sebuah ledakan besar menghantam jembatan yang dibangun Putin untuk menghubungkan Krimea dengan daratan.

“Dia tidak bercanda,” kata Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada hari Kamis (6/10), tentang ancaman Putin untuk menyebarkan senjata nuklir taktis. “Karena militernya, bisa dibilang, kinerjanya sangat buruk.”

Kinerja Rusia yang buruk telah memicu reaksi di dalam negeri, dengan tokoh-tokoh hawkish dari orang kuat Chechnya, Ramzan Kadyrov, hingga kepala tentara bayaran terkenal, Yevgeny Prigozhin, mengecam kegagalan komandan militer.

Efisiensi Struktur Komando Ukraina

Pada hari Sabtu, Putin untuk pertama kalinya menempatkan seorang jenderal tunggal, Sergei Surovikin,  untuk memimpin seluruh operasi Ukraina. Surovikin mengepalai angkatan udara Rusia dan bertanggung jawab atas medan invasi di selatan.

Orang-orang yang dekat dengan kementerian pertahanan Rusia mengatakan mereka mengakui efisiensi struktur komando Ukraina yang lebih terdesentralisasi sejak tahap awal perang. Sementara itu, blogger militer Rusia telah menggambarkan efek disorientasi dari serangan dari belakang oleh unit kecil Ukraina yang bergerak, karena sulit untuk mengetahui secara real time seberapa besar ancaman pengepungan.

Setelah kekalahannya pada tahun 2015, tentara reguler Ukraina harus dibangun kembali hampir dari awal. Menghadapi kekurangan dana selama beberapa dekade, korupsi, dan kemudian degradasi yang disengaja di bawah mantan Presiden pro Rusia, Viktor Yanukovych, itu hanya dapat menurunkan 6.000 pasukan siap tempur melawan pasukan hibrida Rusia.

Sejumlah menteri pertahanan yang ditunjuk Yanukovych sebelum dipaksa turun dari jabatannya pada tahun 2014 telah diadili; dalam satu kasus tuduhan itu adalah "pengkhianatan untuk kepentingan Federasi Rusia."

Pada saat Andriy Zagorodnyuk, seorang pengusaha sipil, diterjunkan ke kementerian itu untuk mendorong reformasi pada tahun 2015, jelas baginya bahwa rencana Rusia untuk “demiliterisasi Ukraina telah berlangsung selama bertahun-tahun.”

“Ini tidak pernah hanya tentang Donbas,” kata Zagorodnyuk, diwawancarai di Kiev. “Itu dari awal tentang mengendalikan seluruh Ukraina.”

Ketika Putin meluncurkan invasinya awal tahun ini, dengan militer yang selama delapan tahun telah dicurahkan dengan pengeluaran dan peralatan ekstra. Jika Amerika Serikat setuju dengan Kremlin tentang apa pun, itu adalah kekuatan pertahanan Ukraina yang kalah dan Kiev bisa jatuh dalam hitungan hari.

Itu tidak terjadi sebagian karena inti dari reformasi militer Ukraina, menurut Zagorodnyuk, adalah prinsip “perintah tugas misi, di mana pengambilan keputusan diserahkan ke tingkat serendah mungkin.”

“Ini persis kebalikan dari apa yang terjadi di angkatan bersenjata pasca Soviet dan Rusia,” kata Zagorodnyuk, yang menjabat sebagai menteri pertahanan dari 2019 hingga 2020. Dia menelusuri lintasan 30 tahun pasca kemerdekaan di mana kedua negara, termasuk militer negara mereka, belajar dari masa lalu yang sangat berbeda: Yang satu otoriter dan imperial, yang lain memberontak dan individualistis. “Itu alasan yang sama mengapa perang terjadi.

Militer adalah salah satu institusi terakhir di Ukraina yang berubah. Namun, menurut Zagorodnyuk, reformasi itu “transformasional.”

Ditambah pelatihan NATO, pengembangan korps perwira non komisi gaya AS yang baru dengan kekuatan pengambilan keputusan dan rasa hormat yang lebih besar, ditambah delapan tahun pengalaman bertempur di Donbas, dan profil militer Ukraina menjadi sangat berbeda dari Rusia.

Menurut Zagorodnyuk, sebanyak 500.000 pria dan wanita Ukraina bersepeda melalui parit di sepanjang garis gencatan senjata Donbas 2015, di mana pertempuran berlanjut setiap hari meskipun ada gencatan senjata, hingga invasi Putin pada 24 Februari.

Rusia Kaku dan Tidak Mudah Diubah

Setelah turun tangan secara langsung, secara diam-diam, untuk memutuskan konflik Donbas 2014-2015, Rusia sebagian besar mengirim petugas untuk mengoordinasikan pertarungan di parit. Akibatnya, ia tidak pernah memiliki tempat pelatihan untuk pasukannya. Di mana sebagian besar tentara Rusia yang datang ke Ukraina pada bulan Februari belum pernah berperang, Ukraina memiliki militer yang melayani dan cadangan.

Paling tidak sama pentingnya adalah para perwira muda yang bertugas di Donbas dari 2014, dilatih dengan NATO dan naik menjadi jenderal, termasuk panglima tertinggi angkatan bersenjata Ukraina, Valeriy Zaluzhnyi, yang berusia 49 tahun.

Perbedaan itu memiliki implikasi yang signifikan karena Putin memerintahkan mobilisasi pria usia pertempuran yang pernah bertugas di angkatan bersenjata, karena Rusia memiliki sedikit perwira yang tersedia untuk melatih mereka menjadi kekuatan tempur dan tidak ada yang diberdayakan untuk membimbing mereka dalam unit.

Sifat kaku dari struktur komando militer Rusia tidak dapat dengan mudah diubah dalam sistem politik yang telah diciptakan Putin sejak berkuasa lebih dari 20 tahun yang lalu.

Sementara hasil perang masih jauh dari yang diputuskan dan angkatan bersenjata Rusia mempertahankan keunggulan di bidang-bidang utama seperti jumlah artileri, rudal jarak jauh, dan pesawat terbang, mereka untuk saat ini kehilangan inisiatif ke Ukraina.

“Saya pikir pengalaman kami sejak 1991 berkontribusi banyak,” kata Mykola Bielieskov, peneliti di Institut Nasional untuk Studi Strategis, sebuah think tank pemerintah Ukraina. Itu termasuk pemberontakan populer Oranye tahun 2004 dan Maidan 2014, serta konflik Donbas yang mengikutinya, ketika Ukraina langsung mengatur diri sendiri untuk memberi makan para pengunjuk rasa, membentuk milisi, atau mendanai persediaan medis dan militer dasar.

Pada bulan Februari, ketika Ukraina diserang oleh pasukan Rusia yang jauh lebih besar dan lebih lengkap, hanya naluri untuk mengatur diri sendiri yang menyelamatkan kota-kota seperti Kharkiv, Mykolayiv, dan Kryvyi Rih dari kewalahan, karena dalam banyak kasus hanya ada sedikit atau tidak ada tentara reguler untuk membela mereka.

“Kami perlu berimprovisasi untuk bertahan hidup,” kata Bielieskov. Jika orang-orang menunggu perintah dari Kiev, atau “kami bertempur seperti yang dilakukan Rusia, kami akan segera kewalahan.”

Ketika Ukraina telah bergerak ke ofensif, keuntungan itu telah diperlihatkan lagi. Seperti Rusia, ia menghadapi tantangan karena harus menerobos garis pertahanan tanpa superioritas udara yang diperlukan untuk melindungi pasukannya dari penyergapan atau serangan balik.

Mengandalkan artileri yang bergerak lambat, Rusia hanya bisa menggempur pertahanan Ukraina dan kemudian maju perlahan di Donbas. Dalam perjalanannya ke timur dari Kharkiv, sebaliknya, Ukraina, dapat membawa senjata beratnya ke depan secara real time untuk memberikan perlindungan udara, menurut Bielieskov.

Itu sebagian karena memiliki beberapa sistem seluler seperti Caesar dari Prancis dan howitzer self-propelled Krab dari Polandia untuk digunakan. Tapi itu juga karena penembak Ukraina telah belajar untuk dengan cepat membongkar dan memasang kembali howitzer M777 AS yang jauh lebih banyak dan statis.

“Saya pikir Rusia membuat kesalahan besar dengan memberi kami delapan tahun untuk mempersiapkan diri,” kata Bielieskov. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home