Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:08 WIB | Senin, 25 Maret 2024

Rusia Menuduh Para Teroris Melarikan Diri ke Wilayah Ukraina

Kebakaran besar terlihat di Balai Kota Crocus di tepi barat Moskow, Rusia, Jumat, 22 Maret 2024. (Foto: Sergei Vedyashkin/Moscow News Agency via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Gedung musik di pinggiran kota Moskow, tempat orang-orang bersenjata menembaki penonton konser, menjadi reruntuhan yang menghitam dan membara pada hari Sabtu (23/3) ketika jumlah korban tewas dalam serangan itu melampaui 130 orang dan pihak berwenang Rusia menangkap empat tersangka.

Presiden Vladimir Putin mengklaim mereka ditangkap saat melarikan diri ke Ukraina.

Kiev dengan tegas membantah terlibat dalam serangan hari Jumat (22/3) di tempat pertunjukan musik Balai Kota Crocus di Krasnogorsk, dan afiliasi kelompok ISIS di Afghanistan mengaku bertanggung jawab.

Putin tidak menyebut ISIS dalam pidatonya, dan Kiev menuduhnya dan politisi Rusia lainnya secara keliru menghubungkan Ukraina dengan serangan tersebut untuk memicu semangat perang Rusia di Ukraina, yang baru-baru ini memasuki tahun ketiga.

Para pejabat intelijen Amerika Serikat membenarkan klaim afiliasi ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) tersebut. “ISIS bertanggung jawab penuh atas serangan ini. Tidak ada keterlibatan Ukraina sama sekali,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Adrienne Watson, dalam sebuah pernyataan.

AS berbagi informasi dengan Rusia pada awal Maret tentang rencana serangan teroris di Moskow dan mengeluarkan peringatan publik kepada warga Amerika di Rusia, kata Watson.

11 Orang Ditahan

Putin mengatakan pihak berwenang menahan total 11 orang dalam serangan itu, yang juga melukai lebih dari 100 orang. Ia menyebutnya sebagai “aksi teroris berdarah dan biadab” dan mengatakan pihak berwenang Rusia menangkap empat tersangka saat mereka mencoba melarikan diri ke Ukraina melalui “ window” yang disiapkan untuk mereka di sisi perbatasan Ukraina.

Media Rusia menyiarkan video yang tampaknya menunjukkan penahanan dan interogasi para tersangka, termasuk seorang tersangka yang mengatakan kepada kamera bahwa dia didekati oleh asisten seorang pengkhotbah Islam yang tidak dikenal melalui aplikasi pesan dan dibayar untuk ikut serta dalam penggrebegan tersebut.

Laporan berita Rusia mengidentifikasi orang-orang bersenjata itu sebagai warga negara Tajikistan, bekas republik Uni Soviet di Asia Tengah yang mayoritas penduduknya Muslim dan berbatasan dengan Afghanistan. Hingga 1,5 juta warga Tajik telah bekerja di Rusia dan banyak yang memiliki kewarganegaraan Rusia.

Kementerian luar negeri Tajikistan, yang membantah laporan awal media Rusia yang menyebutkan beberapa warga Tajikistan lainnya yang diduga terlibat dalam serangan itu, tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai penangkapan tersebut.

Banyak kelompok garis keras Rusia menyerukan tindakan keras terhadap migran Tajik, namun Putin tampaknya menolak gagasan tersebut, dengan mengatakan “tidak ada kekuatan yang mampu menabur benih beracun berupa perselisihan, kepanikan atau perpecahan dalam masyarakat multi-etnis kita.”

Dia menyatakan pada hari Minggu (24/3) sebagai hari berkabung dan mengatakan langkah-langkah keamanan tambahan diberlakukan di seluruh Rusia.

Jumlah korban tewas mencapai 133 orang, menjadikan serangan itu yang paling mematikan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir. Pihak berwenang mengatakan jumlah korban masih bisa bertambah.

Penggrebegan tersebut merupakan hal yang sangat memalukan bagi pemimpin Rusia tersebut dan terjadi hanya beberapa hari setelah ia memperkuat kekuasaannya di negara tersebut selama enam tahun berikutnya dalam pemungutan suara yang dilakukan setelah tindakan keras yang paling keras terhadap perbedaan pendapat sejak masa Uni Soviet.

Beberapa komentator di media sosial Rusia mempertanyakan bagaimana pihak berwenang, yang tanpa henti menekan aktivitas oposisi dan memberangus media independen, gagal mencegah serangan tersebut meskipun ada peringatan dari AS.

Serangan itu terjadi dua pekan setelah Kedutaan Besar AS di Moskow mengeluarkan pemberitahuan yang mendesak warga Amerika untuk menghindari tempat-tempat keramaian mengingat rencana “dalam waktu dekat” oleh para ekstremis untuk menargetkan pertemuan besar di Moskow, termasuk konser.

Beberapa kedutaan negara Barat lainnya mengulangi peringatan tersebut. Awal pekan ini, Putin mengecam peringatan tersebut sebagai upaya untuk mengintimidasi warga Rusia.

Penyelidik pada hari Sabtu menyisir reruntuhan aula yang hangus untuk mencari lebih banyak korban. Ratusan orang mengantri di Moskow untuk mendonor darah dan plasma, kata kementerian kesehatan Rusia.

Ukraina Menolak Tuduhan

Klaim Putin bahwa para penyerang mencoba melarikan diri ke Ukraina menyusul komentar anggota parlemen Rusia yang menuding Ukraina segera setelah serangan tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dengan marah menolak tuduhan Moskow sebagai upaya Putin dan para letnannya untuk mengalihkan kesalahan ke Ukraina sambil memperlakukan rakyat mereka sendiri sebagai “barang yang bisa dibuang.”

“Mereka membakar kota-kota kami – dan mereka mencoba menyalahkan Ukraina,” katanya dalam sebuah pernyataan di saluran aplikasi perpesanannya. “Mereka menyiksa dan memperkosa warga kami – dan mereka menyalahkan mereka. Mereka mengusir ratusan ribu teroris mereka ke sini untuk melawan kami di tanah Ukraina, dan mereka tidak peduli dengan apa yang terjadi di negara mereka sendiri.”

Gambar yang dibagikan oleh media pemerintah Rusia menunjukkan kendaraan darurat masih berkumpul di luar reruntuhan gedung konser, yang dapat menampung lebih dari 6.000 orang dan menjadi tuan rumah banyak acara besar, termasuk kontes kecantikan Miss Universe 2013 yang menampilkan Donald Trump.

Pada hari Jumat, kerumunan orang berkumpul di tempat konser band rock Rusia Picnic.

Video yang diposting online menunjukkan orang-orang bersenjata di tempat tersebut menembak warga sipil dari jarak dekat. Laporan berita Rusia mengutip pihak berwenang dan saksi mata yang mengatakan para penyerang melemparkan alat peledak yang memicu kebakaran, yang akhirnya menghanguskan bangunan dan menyebabkan atapnya runtuh.

Dave Primov, yang selamat dari serangan itu, mengatakan kepada AP bahwa orang-orang bersenjata “menembak langsung ke arah kerumunan” di barisan depan. Dia menggambarkan kekacauan di aula ketika penonton konser berlomba untuk melarikan diri: “Orang-orang mulai panik, mulai berlari dan bertabrakan satu sama lain. Beberapa jatuh dan yang lain terinjak-injak.”

Setelah dia dan yang lainnya merangkak keluar dari aula menuju ruang utilitas terdekat, dia mengatakan dia mendengar letupan bahan peledak kecil dan mencium bau terbakar saat para penyerang membakar gedung tersebut. Saat mereka keluar dari gedung besar itu 25 menit kemudian, gedung itu sudah dilalap api.

“Kalau saja lebih lama lagi, kita bisa saja terjebak di dalam api,” kata Primov.

Pesan-pesan kemarahan, keterkejutan dan dukungan bagi para korban dan keluarga mereka berdatangan dari seluruh dunia.

ISIS-K

Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS mengutuk serangan tersebut dan menyatakan bahwa kelompok ISIS adalah “musuh teroris bersama yang harus dikalahkan di mana pun.”

ISIS, yang kehilangan sebagian besar wilayahnya setelah aksi militer Rusia di Suriah, telah lama menargetkan Rusia. Dalam sebuah pernyataan yang diposting oleh kantor berita kelompok tersebut, Aamaq, afiliasi ISIS di Afghanistan mengatakan mereka telah menyerang sebuah pertemuan besar “Umat Kristen” di Krasnogorsk.

Kelompok tersebut mengeluarkan pernyataan baru pada hari Sabtu (23/3) di Aamaq yang mengatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh empat pria yang menggunakan senapan otomatis, pistol, pisau dan bom api. Dikatakan bahwa para penyerang menembaki penonton dan menggunakan pisau untuk membunuh beberapa penonton konser, menjadikan serangan itu sebagai bagian dari perang ISIS yang sedang berlangsung dengan negara-negara yang dikatakan memerangi Islam.

Pada bulan Oktober 2015, sebuah bom yang ditanam oleh ISIS menjatuhkan sebuah pesawat penumpang Rusia di Sinai, menewaskan 224 orang di dalamnya, sebagian besar dari mereka adalah wisatawan Rusia yang kembali dari Mesir.

Kelompok tersebut, yang beroperasi terutama di Suriah dan Irak, serta di Afghanistan dan Afrika, juga telah mengklaim beberapa serangan di Kaukasus yang bergejolak di Rusia dan wilayah lain dalam beberapa tahun terakhir. Mereka merekrut pejuang dari Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet lainnya.

Afiliasi kelompok tersebut di Afghanistan dikenal dengan berbagai nama sebagai ISIS-K atau IS-K, mengambil namanya dari Provinsi Khorasan, sebuah wilayah yang mencakup sebagian besar Afghanistan, Iran, dan Asia Tengah pada Abad Pertengahan.

Afiliasi tersebut memiliki ribuan pejuang yang telah berulang kali melakukan serangan di Afghanistan sejak negara itu direbut pada tahun 2021 oleh Taliban, sebuah kelompok yang berselisih paham dengan mereka.

ISIS-K berada di balik bom bunuh diri pada Agustus 2021 di bandara Kabul yang menyebabkan 13 tentara Amerika dan sekitar 170 warga Afghanistan tewas selama penarikan mundur AS yang kacau balau. Mereka juga mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di Kerman, Iran, pada bulan Januari yang menewaskan 95 orang pada prosesi peringatan.

Pada tanggal 7 Maret, hanya beberapa jam sebelum Kedutaan Besar AS memperingatkan tentang serangan yang akan terjadi, badan keamanan utama Rusia mengatakan bahwa mereka telah menggagalkan serangan terhadap sebuah sinagoga di Moskow oleh sel ISIS dan membunuh beberapa anggotanya di wilayah Kaluga dekat ibu kota Rusia.

Beberapa hari sebelumnya, pihak berwenang Rusia mengatakan enam orang yang diduga anggota ISIS tewas dalam baku tembak di Ingushetia, di wilayah Kaukasus Rusia. Kelompok tersebut, yang beroperasi terutama di Suriah dan Irak, serta di Afghanistan dan Afrika, juga telah mengklaim beberapa serangan di Kaukasus yang bergejolak di Rusia dan wilayah lain dalam beberapa tahun terakhir. Mereka merekrut pejuang dari Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet lainnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home