Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:02 WIB | Sabtu, 09 Maret 2024

ISIS Serang Desa di Suriah, 18 Warga Pencari Truffle Tewas, 50 Diculik

ISIS. (Foto: dok. Ist)

IDLIB-SURIAH, SATUHARAPAN.COM-Militan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) menyerang penduduk desa yang mengumpulkan truffle di Suriah timur pada hari Rabu (6/3), menewaskan sedikitnya 18 orang dan menyebabkan puluhan orang terluka dan hilang, kata aktivis oposisi dan media pro pemerintah.

Serangan terhadap pemburu truffle adalah salah satu serangan paling mematikan yang dilakukan kelompok ISIS di wilayah tersebut dalam lebih dari setahun. Serangan itu terjadi di daerah gurun dekat kota Kobajeb di provinsi timur Deir el-Zour yang berbatasan dengan Irak. Beberapa pengumpul truffle mungkin telah diculik, kata aktivis oposisi.

Meskipun kelompok militan tersebut kalah di Suriah pada bulan Maret 2019, sel-sel pendukung ISIS masih melakukan serangan mematikan di Suriah dan negara tetangga Irak, di wilayah yang luas di mana kelompok ekstremis tersebut pernah menjalankan kekhalifahan Islam.

Karena pemburu truffle bekerja dalam kelompok besar di daerah terpencil, militan ISIS pada tahun-tahun sebelumnya telah berulang kali memangsa mereka, muncul dari padang pasir untuk membunuh banyak orang dan menculik yang lain untuk mendapatkan uang tebusan.

Secara terpisah, di barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak, sebuah kelompok yang terkait dengan Al Qaeda membebaskan lebih dari 400 tahanan dari penjara mereka setelah berhari-hari melakukan protes yang menuntut kebebasan mereka.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, sebuah pemantau perang oposisi, mengatakan bahwa serangan hari Rabu di Deir el-Zour menyebabkan 18 orang tewas dan 16 luka-luka. Dikatakan sekitar 50 orang hilang dan mungkin diculik oleh ISIS. Dua belas kendaraan dibakar.

Observatorium mengatakan korban tewas termasuk empat anggota Pasukan Pertahanan Nasional pro pemerintah, yang telah mengirimkan bala bantuan ke daerah tersebut.

Media pro pemerintah, Dama Post, mengatakan jumlah korban tewas mencapai 44 orang dan sekitar 13 kendaraan yang digunakan oleh petani truffle dibakar dan dihancurkan.

Jumlah korban yang berbeda-beda tidak dapat segera dikonfirmasi. Jumlah korban tewas yang berbeda-beda di Suriah bukanlah hal yang jarang terjadi setelah terjadinya serangan mematikan.

Truffle adalah sejenis jamur yang merupakan makanan lezat musiman yang bisa dijual dengan harga tinggi dan banyak orang di Suriah, di mana 90% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan, pergi mengumpulkannya.

Pada bulan Februari 2023, militan ISIS membunuh puluhan warga sipil dan petugas keamanan dalam serangan terhadap pemburu truffle di gurun Suriah tengah.

Di provinsi Idlib, Suriah, kematian seorang anggota faksi pemberontak baru-baru ini, yang diduga terjadi saat disiksa di penjara yang dikelola oleh kelompok Hayat Tahrir al-Sham, atau HTS, yang terkait dengan Al Qaeda, telah memicu protes selama berhari-hari di berbagai wilayah provinsi di Suriah.

Para pengunjuk rasa menuntut pembebasan para tahanan, termasuk dalam unjuk rasa Selasa (5/3) malam di penjara HTS di kota Daret Azzeh yang memicu tembakan peringatan dari para pejuang HTS, yang semakin membuat marah para pengunjuk rasa. Para pengunjuk rasa juga menuntut pengunduran diri ketua HTS Abu Mohammed al-Golani.

Golani menanggapinya dengan memberikan konsesi, termasuk pembebasan 420 tahanan dari penjara HTS pada hari Rabu, menurut beberapa aktivis oposisi, termasuk Observatorium.

Sentimen anti-HTS telah meningkat sejak gelombang penangkapan oleh sekelompok pejabat senior dalam organisasi tersebut, yang sebelumnya dikenal sebagai Front Nusra sebelum berganti nama beberapa kali dan menjauhkan diri dari Al Qaeda.

Pada bulan Agustus, kelompok tersebut mengumumkan bahwa salah satu pendiri dan pejabat puncaknya Maysara al-Jubouri, yang lebih dikenal sebagai Abu Maria al-Qahtani, ditangkap karena penyalahgunaan media sosial.

Al-Jubouri, seorang warga negara Irak, telah lama menjadi pejabat Al Qaeda yang berperang melawan pasukan Amerika Serikat di Irak setelah invasi pimpinan AS tahun 2003 yang menggulingkan Saddam Hussein.

Pada tahun 2011, ia adalah salah satu dari beberapa pejabat Al Qaeda yang pindah ke Suriah, beberapa bulan setelah konflik mematikan yang sedang berlangsung di negara tersebut dimulai. Ada laporan bahwa al-Jubouri akan segera dibebaskan.

Dalam beberapa pekan setelah penangkapan al-Jubouri, puluhan pejabat HTS dan anggota faksi lain yang bersekutu dengan mereka ditahan dan diduga disiksa di penjara yang dikelola oleh loyalis al-Golani karena diduga memberikan informasi intelijen kepada koalisi pimpinan AS yang telah berakhir. bertahun-tahun, menewaskan komandan utama al-Qaeda dalam serangan pesawat tak berawak di berbagai wilayah Suriah. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home