Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Selasa, 23 April 2024

Drone Ukraina Serang Depot Minyak Rusia di Smolensk

Seorang wartawan Rusia tewas oleh serangan drone.
Petugas pemadam kebakaran memadamkan tangki minyak di fasilitas penyimpanan yang menurut pemerintah setempat terbakar setelah militer menjatuhkan drone Ukraina, di kota Klintsy di Wilayah Bryansk, Rusia, pada 19 Januari 2024, dalam gambar diam yang diambil dari video. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Gubernur wilayah barat Rusia,Smolensk, mengatakan pada hari Sabtu (20/4) bahwa sebuah pesawat tak berawak Ukraina menyerang depot bahan bakar semalaman, membakarnya, sementara serangan terhadap pusat regional telah berhasil digagalkan.

Ukraina telah meningkatkan serangannya terhadap kilang minyak di Rusia, eksportir minyak terbesar kedua di dunia, sejak awal tahun ini dalam upaya untuk mengurangi pendapatan energi Moskow dan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk militer.

Tidak ada kilang minyak besar di wilayah Smolensk.

Gubernur, Vasily Anokhin, mengatakan melalui aplikasi pesan Telegram-nya bahwa drone tersebut menyerang fasilitas bahan bakar energi di wilayah Kardym pada pukul 02:00 (23:00 GMT pada hari Jumat, 19/4), menghantam reservoir berisi bahan bakar dan pelumas. Dia menambahkan, petugas pemadam kebakaran sedang berusaha mengatasi kobaran api.

“Sebagai hasil kerja pasukan pertahanan udara, pesawat tersebut ditembak jatuh. Namun akibat jatuhnya puing-puing, tangki berisi bahan bakar dan pelumas ikut terbakar,” katanya.

Gubernur juga menambahkan bahwa tidak jelas apakah ada orang yang terluka dalam serangan itu.

“Saat ini upaya penyerangan terhadap objek yang berada di wilayah pusat regional telah berhasil digagalkan. Harap tetap tenang dan jangan memfilmkan pekerjaan pasukan pertahanan udara. Layanan penyelamatan dan penegakan hukum berada di lokasi kejadian untuk memastikan keselamatan Anda,” tulisnya dalam pesan terpisah.

Rusia mengatakan serangan pesawat tak berawak itu merupakan tindakan terorisme.

Ukraina tidak secara resmi mengkonfirmasi atau menyangkal bahwa mereka menyerang kilang-kilang minyak di Rusia, namun mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas tersebut merupakan target sah yang membantu upaya militer Rusia pada saat serangan Rusia menghantam kota-kota dan infrastruktur Ukraina, termasuk fasilitas energi.

Wartawan Rusia Tewas oleh Serangan Drone

Koresponden perang Rusia Semyon Eremin, yang bekerja untuk harian Rusia, Izvestia, tewas pada hari Jumat dalam serangan pesawat tak berawak Ukraina di tenggara Ukraina, kata surat kabar itu.

Izvestia mengatakan Eremin, 42 tahun, meninggal karena luka yang dideritanya ketika pesawat tak berawak Ukraina menyerang ketika dia kembali dari perjalanan ke unit Rusia di wilayah Zaporizhzhia.

 “Koresponden perang Izvestia, Semyon Eremin, terbunuh pada 19 April dalam serangan drone FPV Ukraina ke arah Zaporizhzhia tempat dia pergi untuk memfilmkan laporan,” kata Izvestia.

Laporan terakhirnya adalah tentang pihak Rusia dalam perang drone, kata Izvestia.

Belum ada komentar langsung dari Ukraina.

Izvestia mengatakan Eremin telah mengirimkan laporan dari banyak pertempuran terpanas di wilayah timur Ukraina selama perang yang telah berlangsung selama 25 bulan, termasuk Mariupol, yang dikepung oleh pasukan Rusia selama hampir tiga bulan pada tahun 2022.

Dia juga melaporkan dari Maryinka dan Vuhledar, kota-kota yang menjadi pusat pertempuran sengit selama berbulan-bulan.

Pertempuran sengit dengan drone dan artileri – serta pembatasan hukuman terhadap jurnalis di kedua sisi garis depan 1000 km (600 mil) – telah membuat perang Ukraina menjadi sangat berbahaya dan sangat sulit untuk diliput.

Setidaknya 15 jurnalis telah terbunuh dalam perang di Ukraina sejak invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022, menurut Komite Perlindungan Jurnalis, sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan kebebasan pers di seluruh dunia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home