Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:41 WIB | Rabu, 26 Juli 2023

Rusia Serang Situs Sejarah di Kota Odesa Picu Kemarahan Warga

Katedral Odesa yang hancur akibat serangan peluru kendali Rusia. (Foto: AP via Euronews)

ODESA, SATUHARAPAN.COM-Rusia telah menembakkan puluhan peluru kendali (Rudal) dan drone ke wilayah Odesa, bahkan menghantam situs bersejarah kesayangan kota itu. Tidak ada yang menyerang sedalam yang menghancurkan katedral, yang berdiri di jantung kota romantis, masa lalu yang terkenal dan akarnya yang dalam pada budaya Ukraina dan Rusia.

Tangan Tetiana Khlapova gemetar ketika dia merekam puing-puing Katedral Transfigurasi Odesa, Ukraina yang hancur di ponselnya dan mengutuk Rusia, Tanah Airnya.

Khlapova dibesarkan di Ukraina dan selalu bermimpi tinggal di kota tepi pantai. Tapi bukan sebagai pengungsi perang seperti sekarang ini.

Hanya dalam sepekan, Rusia telah menembakkan puluhan rudal dan drone ke wilayah Odesa. Tidak ada yang menyerang sedalam yang menghancurkan katedral, yang berdiri di jantung kota yang romantis, masa lalu terkenal dan akarnya yang dalam pada budaya Ukraina dan Rusia.

“Saya seorang pengungsi dari Kharkiv. Saya menanggung neraka itu dan datang ke Odesa yang cerah, mutiara, jantung Ukraina kami,” kata Khlapova, yang telah tinggal di negara itu selama 40 dari 50 tahun hidupnya.

Lehernya masih memiliki bekas luka pecahan peluru dari hari ketiga perang, ketika apartemennya ditembaki. Pada Hari ke-4, dia melarikan diri ke Odesa.

Sekarang, dia melakukan perjalanan singkat kembali ke tempatnya di Kharkiv untuk mengambil pakaian musim dingin sehingga dia bisa menunggu perang di Irlandia, "karena di sini kita tidak dilindungi sedetik pun, di kota mana pun."

“Setiap saat, Anda bisa saja tertembak dan seluruh tubuh Anda akan tercabik-cabik,” katanya. “Setelah perang berakhir, dan saya yakin Ukraina akan mengalahkan kekotoran ini, para vampir ini, saya akan kembali ke rumah. Aku akan kembali, apapun yang terjadi.”

Sejak Ukraina memperoleh kemerdekaan dari Moskow pada tahun 1991, Odesa memandang dirinya berbeda dari kota-kota besar lainnya di negara itu karena sejarahnya yang panjang dan penuh konflik serta pandangan yang jauh melampaui perbatasannya.

Masa lalu Odesa terjalin dengan beberapa tokoh Rusia yang paling dihormati, termasuk Catherine yang Agung, penulis Leo Tolstoy, dan penyair Anna Akhmatova.

Pelabuhannya adalah kunci perjanjian internasional tahun lalu yang memungkinkan Ukraina dan Rusia mengirimkan biji-bijian mereka ke seluruh dunia. Katedral Ortodoksnya milik patriarkat Moskow. Penduduknya sebagian besar berbicara bahasa Rusia. Dan, setidaknya sampai Kremlin secara ilegal menganeksasi Semenanjung Krimea di dekatnya pada tahun 2014, pantainya disukai oleh turis Rusia.

Pada pekan-pekan awal perang, desas-desus yang disebarluaskan oleh propaganda Kremlin beredar di sekitar kota: Moskow tidak akan pernah mencapai pusat bersejarah, wali kota telah memuat perahu berisi mawar untuk menyambut tentara Rusia, mayoritas penduduk yang diam menunggu “pembebasan” Rusia.

Mereka semua salah.

“Sampai hari ini, jika Anda membaca dan memantau saluran Rusia, semuanya sangat yakin bahwa kami menunggu mereka di sini,” kata Hanna Shelest, seorang peneliti politik dan keamanan yang dibesarkan di Odesa yang ayahnya adalah seorang syahbandar.

Infrastruktur regional Odesa dihantam berulang kali oleh Rusia selama musim dingin, tidak seperti pelabuhannya, yang merupakan kunci Prakarsa Jiji-bijian Laut Hitam yang memungkinkan produk pertanian dikirim dengan aman dari kedua negara untuk memberi makan orang di seluruh dunia.

Silo di kawasan itu penuh ketika Rusia menarik diri dari perjanjian pada pertengahan Juli. Rudal dan drone menyerang keesokan harinya, membidik lokasi penyimpanan, infrastruktur transportasi, dan bangunan secara acak. Pertahanan udara Ukraina menangkis sebagian besar serangan, tetapi setiap hari hanya segelintir yang berhasil melewatinya.

Serangan pekan lalu menandai pertama kalinya pusat kota bersejarah Odesa dihantam sejak perang dimulai.

Walikota Hennadii Trukhanov tegas dalam pesan video marah yang ditujukan kepada Rusia setelah serangan hari Minggu (23/7) di katedral, menunjukkan petugas penyelamat dengan hati-hati memindahkan ikon yang rusak dari reruntuhan.

“Seandainya kamu tahu betapa Odesa membencimu. Tidak hanya membencimu. Membencimu. Anda melawan anak kecil, gereja Ortodoks. Roket Anda bahkan jatuh di kuburan,” katanya. “Anda pasti tidak mengenal kami orang Odessan. Anda tidak akan menghancurkan kami, hanya membuat kami lebih marah.”

Rudal lain menabrak Rumah Ilmuwan, sebuah rumah besar yang dulunya milik keluarga Tolstoy dan diubah menjadi sebuah institusi untuk menyatukan para sarjana dan peneliti. Yang ketiga menghantam gedung administrasi dan apartemen.

Sasaran berada dalam jarak 200 meter (yard) dari pelabuhan. Shelest percaya katedral itu terkena kecelakaan, tapi itu sedikit penghiburan di tengah kehancuran.

Sejak Catherine yang Agung mengubah Odesa menjadi pelabuhan internasional pada tahun 1794, identitas kota ini didasarkan pada laut, toleransi kosmopolitan, dan selera humor bawaan. Itu memiliki salah satu konsentrasi Yahudi terbesar di Eropa, yang sebelum serangkaian pogrom (pembantaian terorganisir terhadap komunitas Yahudi.red.) membentuk sekitar seperempat dari populasi, dan komunitas besar pelaut Yunani dan Italia yang keturunannya masih ada hingga hari ini.

Sepekan serangan mengguncang fondasi itu bagi Iryna Grets, yang menghitung setidaknya tiga generasi keluarga di kota itu.

“Setiap pagi, saya pergi ke laut, untuk menyaksikan matahari terbit. Tapi hari ini, saya tidak kuat pergi ke laut karena kami tidak tidur semalaman. Soalnya, kami belum tidur sepanjang pekan,” kata Grets, yang malah memutuskan untuk mengunjungi setiap situs yang dibombardir pada hari Minggu.

Dia mulai di katedral, di pusat kehidupan di Odesa. Struktur aslinya dihancurkan di bawah Josef Stalin pada tahun 1936 sebagai bagian dari kampanyenya melawan agama. Saat Ukraina merdeka, warga mengambil dana untuk mengembalikannya ke kondisi semula. Pada 2010, gedung baru itu ditahbiskan oleh Patriark Kirill, pemimpin Gereja Ortodoks Rusia.

Kirill, yang gerejanya bersekutu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sejak itu berulang kali membenarkan perang di Ukraina.

“Setiap roket yang tiba hari ini di wilayah Ukraina dianggap oleh penduduknya sebagai ‘berkat’ Anda untuk anak-anak mereka,” tulis Uskup Agung Viktor Bykov, vikaris Keuskupan Odesa Gereja Ortodoks Ukraina, dalam surat terbuka kepada Kirill.

Ziarah pahit oleh Grets tidak ada hubungannya dengan agama melainkan dengan berkabung, dan banyak orang lainnya melakukan perjalanan yang sama pada hari Minggu. Beberapa menghadiri kebaktian di luar katedral yang rusak. Bahkan lebih banyak lagi yang datang untuk membersihkan puing-puing, alih-alih menikmati pantai-pantai terkenal meskipun matahari musim panas memanggil.

“Ini adalah kota saya, ini adalah bagian dari diri saya, ini adalah jiwa saya, ini adalah hati saya,” kata Grets.

Kemudian, dengan amarah menguasainya, dia tiba-tiba beralih ke bahasa Ukraina: "Odesa tidak akan pernah menjadi bagian dari Rusia." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home