Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:58 WIB | Jumat, 05 Januari 2024

Rusia Serang Universitas dan Museum Terkait Dua Pahlawan Ukraiana

Pemandangan menunjukkan gedung universitas rusak akibat serangan pesawat tak berawak Rusia, tempat Stepan Bandera, salah satu pendiri Organisasi Nasionalis Ukraina (OUN), belajar, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di kota Dubliany, wilayah Lviv, Ukraina, 1 Januari 2024. (Foto: Reuters/Roman Baluk)

LVIV-UKRAINA, SATUHARAPAN.COM-Drone Rusia menyerang sebuah universitas dan museum yang terkait dengan dua pembela identitas nasional Ukraina paling terkemuka di abad ke-20 pada hari Senin (1/1), namun penduduk setempat bersumpah untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Kerusakan pertama adalah jendela dan sebagian besar atap di Universitas Agraria Nasional, di luar kota Lviv, Ukraina barat, tempat Stepan Bandera, seorang pahlawan di Ukraina tetapi penjahat menurut Kremlin, belajar.

Itu terjadi pada hari ulang tahun Bandera yang ke-115.

Yang kedua menghancurkan museum terdekat yang didedikasikan untuk Roman Shukhevych.

Kedua pria tersebut adalah tokoh kunci dalam perlawanan nasionalis terhadap pemerintahan Uni Soviet dan terkait dengan Tentara Pemberontak Ukraina (UPA) yang memerangi pasukan Uni Soviet pada Perang Dunia Kedua.

"Ini adalah gedung tempat Stepan Bandera menghadiri kelas-kelas. Ada sebuah plakat peringatan yang didedikasikan untuk Bandera, dan juga patungnya," kata Sofia Zdorovyk, 82 tahun, ketika orang-orang membersihkan puing-puing di sekitarnya.

“Segala sesuatu yang terjadi di negara kita, selama bertahun-tahun, apakah mereka (Rusia) merasa lebih baik karenanya? Apakah mereka tidak punya cukup lahan? Sumber daya alam? Apa yang mereka butuhkan?”

Walikota Lviv, Andriy Sadovyi, menggambarkan penyerangan terhadap museum tersebut sebagai tindakan simbolis. “Kami akan memulihkannya setelah kemenangan kami,” katanya.

Bandera adalah tokoh paling menonjol dalam kelompok yang terkait dengan UPA, yang menurut catatan sejarah, jumlah anggotanya membengkak menjadi 100.000 pada tahun 1944, dan terus melawan kekuasaan Moskow hingga pertengahan tahun 1950-an. Shukhevych adalah panglima tertinggi UPA.

Moskow masih menggunakan nama Bandera untuk mendukung pernyataannya bahwa mereka menginvasi Ukraina pada Februari 2022 untuk “mendenazifikasi” negara tersebut. Hal ini menunjukkan fakta bahwa beberapa nasionalis pada awalnya bekerja sama dengan pasukan Jerman dalam pertempuran melawan Rusia, meskipun mereka kemudian juga melawan Nazi.

“Mendengar nama Bandera saja sudah membuat mereka (orang Rusia) takut. Hal ini menyebabkan kemarahan dan kebencian,” kata Vasyl Lapushniak, Presiden Universitas Agraria Nasional Lviv. “Mereka tidak membuat kami takut dengan hal ini. Ini hanya menyatukan kami sekali lagi dan menunjukkan kekuatan kami.”

Kehormatan "Pahlawan Ukraina" dianugerahkan kepada kedua pria tersebut pada periode pasca Uni Soviet. Prajurit dari jajaran UPA dinyatakan sebagai "veteran" bersama tentara Tentara Merah Uni Soviet.

Aktivitas tentara nasionalis telah lama dikaburkan oleh tuduhan bahwa mereka melakukan pembantaian terhadap puluhan ribu etnis Polandia di wilayah Volyn, Ukraina barat, bagian dari wilayah yang berada di bawah kekuasaan Polandia antara dua perang dunia.

Polandia dan Ukraina telah mengambil langkah-langkah untuk menghormati kematian tersebut dan memastikan rekonsiliasi antara kedua negara bertetangga tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home