Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 12:35 WIB | Kamis, 18 Mei 2023

Rusia Setujui Perpanjangan Pengiriman Gandum Laut Hitam 60 Hari

Pemanen mengumpulkan gandum di desa Zghurivka, Ukraina, pada 9 Agustus 2022. Perserikatan Bangsa-bangsa berupaya kerasa untuk memperpanjang kesepakatan yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam ke belahan dunia yang berjuang melawan kelaparan, membantu meringankan krisis pangan global yang diperburuk oleh perang yang diluncurkan Rusia lebih dari setahun yang lalu. (Foto: dok. AP/Efrem Lukatsky)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Rusia menyetujui perpanjangan dua bulan kesepakatan yang telah memungkinkan Ukraina untuk mengirimkan biji-bijian melalui Laut Hitam ke bagian dunia yang berjuang melawan kelaparan, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan hari Rabu (17/5), dorongan untuk ketahanan pangan global setelah perang menaikkan harga.

Turki dan PBB menengahi kesepakatan terobosan dengan pihak yang bertikai musim panas lalu, yang datang dengan kesepakatan terpisah untuk memfasilitasi pengiriman makanan dan pupuk Rusia yang menurut Moskow belum diterapkan.

Rusia telah mengancam akan mundur jika kekhawatirannya tidak diselesaikan pada hari Kamis (18/5). Kebingungan seperti itu bukanlah hal baru: Dengan perpanjangan serupa dalam keseimbangan pada bulan Maret, Rusia secara sepihak memutuskan untuk memperbarui kesepakatan selama 60 hari, bukan 120 hari yang diuraikan dalam perjanjian.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada hari Rabu bahwa masalah perlu diselesaikan "pada tingkat teknis." Baik dia maupun Erdogan tidak menyebutkan konsesi apa pun yang mungkin diterima Moskow.

“Kami akan melanjutkan upaya kami untuk memastikan bahwa semua persyaratan perjanjian dipenuhi sehingga berlanjut pada periode berikutnya,” kata Erdogan, yang mengumumkan keputusan yang sangat dinantikan itu dua hari setelah dipaksa mengikuti putaran kedua pemilihan presiden Turki.

Memperluas Inisiatif ekspor biji-bijian via Laut Hitam adalah kemenangan bagi negara-negara di Afrika, Timur Tengah, dan sebagian Asia yang mengandalkan gandum Ukraina, jelai, minyak sayur, dan produk makanan terjangkau lainnya, terutama karena kekeringan telah memakan korban. Kesepakatan itu membantu menurunkan harga komoditas pangan seperti gandum selama setahun terakhir, tetapi bantuan itu belum sampai ke dapur mereka.

“Produk Ukraina dan Rusia memberi makan dunia,” kata Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres. “Itu penting karena kita masih dalam pergolakan krisis biaya hidup yang memecahkan rekor.”

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Alexander Kubrakov menyambut perpanjangan itu, tetapi menekankan bahwa kesepakatan itu “harus bekerja secara efektif.” Di Facebook, dia menyalahkan Rusia karena berlarut-larut dalam inspeksi bersama kapal oleh pejabat Rusia, Ukraina, PBB, dan Turki.

Inspeksi harian rata-rata, dimaksudkan untuk memastikan kapal hanya membawa makanan dan bukan senjata yang dapat membantu kedua pihak, terus turun dari puncak 10,6 hari pada Oktober menjadi 3,2 hari pada bulan lalu. Pengiriman biji-bijian Ukraina juga menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Rusia membantah memperlambat pekerjaan. Tidak ada kapal yang diizinkan memasuki tiga pelabuhan terbuka Ukraina sejak 6 Mei, dan Kubrakov mengatakan hampir 70 kapal menunggu di perairan Turki untuk berpartisipasi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home