Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:40 WIB | Selasa, 21 Desember 2021

Rusia Usir Dua Diplomat Jerman

Foto dari Kementerian Luar Negeri Rusia, menunjukkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. (Foto: dok. via AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia mengusir dua diplomat Jerman sebagai tanggapan atas pertengkaran dengan Berlin atas keputusan pengadilan Jerman bahwa Moskow telah memerintahkan pembunuhan pada tahun 2019 terhadap seorang mantan komandan Chechnya di sebuah taman di Berlin.

"Duta Besar Jerman diberitahu bahwa dua pegawai diplomatik kedutaan Jerman di Rusia dinyatakan 'persona non grata' sebagai tanggapan simetris," kata kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, hari Senin (20/12).

Tidak disebutkan kapan diplomat Jerman harus meninggalkan Rusia. Dan kementerian itu menambahkan bahwa pihaknya telah mendaftarkan "protes keras" dengan utusan Jerman atas pengusiran Berlin atas dua diplomat Rusia pekan lalu.

Pekan lalu, hakim di Berlin memvonis warga negara Rusia, Vadim Krasikov, alias Vadim Sokolov, hukuman penjara seumur hidup karena menembak mati warga negara Georgia, Tornike Kavtarashvili, 40 tahun, di sebuah taman di Berlin pada 2019.

Pembunuhan itu dimaksudkan "sebagai pembalasan" karena menjadi lawan Kremlin, kata seorang hakim.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan bahwa Moskow "dengan tegas menyangkal tuduhan yang tidak berdasar dan terpisah dari kenyataan" bahwa mereka terlibat.

Jerman telah mengusir dua diplomat Rusia tak lama setelah pembunuhan itu sebagai protes atas kurangnya kerja sama Moskow dengan penyelidikan.

Rusia membantah ada kaitannya dengan pembunuhan itu dan menanggapi dengan langkah balas dendam. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home