Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 12:54 WIB | Kamis, 07 Juli 2016

Sadiq Khan Tegaskan London Kota Toleran untuk Idulfitri

“Inilah wajah Islam yang sebenarnya, yang mau menerima perbedaan,” kata Khan. (bbc.co.uk).
Sadiq Khan (paling kiri) saat memberi kata sambutan di buka puasa bersama di Gereja St James, Picadilly, London beberapa waktu lalu. (Foto: bbc.com).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Wali Kota London Sadiq Khan menegaskan  London sebagai salah satu kota besar di dunia telah mencerminkan keragaman dan menghormati tradisi sepanjang bulan Ramadan  2016.

Dalam ucapan selamat Idul Fitri, seperti diberitakan standard.co.uk, hari Rabu (6/7), Khan menginginkan keragaman dan toleransi London bisa menjadi tolok ukur dunia.

“Keberagaman kita (warga London, Red) dilakukan tidak hanya dengan toleransi,  tapi menghormati dan merayakan tradisi yang berbeda dan latar belakang,” kata Khan.

Khan berharap Idul Fitri sebagai hari raya umat Muslim menunjukkan semangat besar untuk bersatu dan keterbukaan satu sama lain.

Khan mengatakan kebanggaannya menjadi pemimpin kota yang memiliki warga yang  memiliki semangat tinggi untuk maju. 

Banyak Muslim di Inggris – dalam pengamatan standard.co.uk – melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan, kemudian mereka bergembira menyambut Idul Fitri. 

“Kita tidak mementingkan latar belakang kita, yang penting adalah kita  bersama-sama  melawan siapa saja yang ingin memecah belah kita,” kata Khan.

Buka Puasa Lintas Iman

Beberapa pekan lalu, saat masih bulan Ramadan – seperti diberitakan bbc.com – Sadiq Khan yang belum lama menjabat wali kota, merasa terharu menghadiri jamuan berbuka puasa bersama dengan pemuka agama lainnya yakni pemimpin Gereja Anglikan dan sejumlah pemeluk Yahudi di Gereja Saint James, Picadilly, London, Inggris.

Dalam acara buka bersama tersebut  untuk pertama kalinya gereja yang berusia lebih dari 330 tahun itu mengadakan acara buka puasa selama Ramadan.

Khan menyebut acara tersebut adalah salah satu bukti konkret dalam merayakan perbedaan. “Inilah wajah  Islam yang sebenarnya, yang mau menerima perbedaan,” kata dia.

Dalam acara yang dipadati lebih kurang  200 orang hadir tersebut Khan menyebut acara tersebut tidak hanya buka puasa namun juga agar orang lain  mengetahui tentang Islam. 

Dalam beberapa tahun terakhir di Inggris, banyak acara lintas agama seperti ini diselenggarakan dengan masjid yang mengundang non-Muslim sementara sinagog serta gereja mengundang Muslim.

 Khan mengatakan interaksi antar berbagai komunitas sangat perlu dilakukan untuk lebih mengenal satu sama lain, karena Khan tidak ingin ada lagi mendengar atau membaca berita ada oknum orang menggunakan nama Islam untuk melakukan aksi ekstremisme atau terorisme.

Agenda Khan

Khan, menurut standard.co.uk, akan menjadi pemateri dalam sebuah diskusi dalam perayaan Idul Fitri tahun ini di Trafalgar Square, London pada Sabtu (9/7) mendatang.  Dalam acara tersebut akan digelar contoh sejumlah masakan halal dari berbagai penjuru dunia.

Sadiq Khan

Sadiq Khan resmi menjabat Wali Kota London sejak dia memenangi pemilihan pada Jumat (6/5). Laki-laki anggota Partai Buruh tersebut  mengukir sejarah  menjadi wali kota Muslim pertama di Inggris.  

Menurut latimes.com, laki-laki berusia  45 tahun  itu merupakan anak dari Amanullah Khan yang bekerja sebagai supir bus dari Pakistan.

Dia memenangi pemilihan dengan mengalahkan pesaing utamanya, Zac Goldsmith.  Hasil perolehan suara pada pemilihan wali kota London mencatat  Sadiq Khan memperoleh 57 persen suara sedangkan calon dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith, memperoleh 43 persen suara.   (standard.co.uk/bbc.co.uk).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home