Loading...
EKONOMI
Penulis: Ignatius Dwiana 19:30 WIB | Senin, 23 Juni 2014

Sambal Indonesia Masuk Jaringan Supermarket Amerika

(Foto ilustrasi: setkab.go.id)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Produk sambal perusahaan  milik  diaspora  Indonesia ‘Three Anoa’ berhasil masuk jaringan supermarket ‘The Whole Foods Market’ di Amerika Serikat (AS).

Produk sambal ini diluncurkan secara resmi di ‘The Whole Foods Market’ pada Jumat (20/6) di P Street, North  West  D.C. Supermarket ‘The Whole Foods Market’ merupakan supermarket pertama  yang menjual empat  produk  sambal  ‘Three Anoa’ milik  Agus Wong dan  Athoni  Munaba. 

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan  bagi Indonesia, karena  jaringan Whole Foods Market adalah supermarket butik yang populer dengan produk yang dipasarkan yang bersifat unik, khas, pro-lokal, organik, dan  berkualitas tinggi sehingga  harganya  pun  biasanya  lebih  tinggi dari supermarket lain,” kata Ni Made Ayu Marthini, Atase Perdagangan Indonesia di Washington,D.C. 

Pihak pemasaran ‘The Whole Foods Market’ menyatakan sangat bangga menjadi lokasi pertama yang menjual sambal Indonesia yang khas.

“Pada saat peluncuran, pengunjung Whole Foods dapat mencoba cita rasa sambal ‘Three Anoa’, yaitu  bumbu  Bali yang  dimasak  dengan  swordfish  dan  ikan  salmon, sambal mangga  untuk dibuat  salad  daun  kale, bumbu  rujak  dipadu  dengan  daging, dan  lado  Sumatera untuk ayam,” kata Agus Wong.

Saat  ini tercatat  sekitar 200 ribu diaspora  Indonesia yang bermukim di Amerika Serikat. Jumlah itu  menjadi aset  yang cukup besar  untuk  meningkatkan  konsumsi dan distribusi produk  Indonesia. Diaspora Indonesia menjadi  salah  satu  instrumen  penting  untuk  meningkatkan ekspor produk Indonesia. Oleh karena itu, Atase Perdagangan RI di Washington, D.C. memiliki program   business incubator yang mendorong kewirausahaan  diaspora Indonesia yang bertujuan khusus meningkatkan ekspor Indonesia ke Amerika Serikat.

Kantor Atase Perdagangan KBRI  Washington, D.C. mengamati bahwa produk  makanan  merupakan  pilihan tepat, karena masyarakat AS saat ini sangat ingin mencoba-coba jenis masakan baru.

Data ‘Specialty  Foods Association  of  America’ menyebutkan konsumen Amerika Serikat mulai beralih  dari makanan  Asia yang telah mapan seperti Jepang, Thailand, dan Vietnam ke makanan etnik baru lainnya. Makanan dan produk Indonesia yang khas kini dicari dan laku. 

“Di Amerika Serikat ternyata sambal semakin populer dan semakin banyak konsumen yang suka bereksperimen mencoba  hal  baru  dan  mencoba  sambal hingga  yang  paling  pedas. Peluang  ini harus dimanfaatkan  dengan  baik  karena  sambal adalah  pasar yang  menguntungkan. Apalagi tidak banyak  negara yang memiliki budaya mengkonsumsi sambal. Terlebih lagi, kata sambal telah masuk dalam kamus resmi bahasa Inggris Merriam Webster,” tegas Made Marthini. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home