Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:43 WIB | Jumat, 15 Mei 2015

Sambangi Istana, Ahok Minta Bantuan Pembangunan LRT

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Bali Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/5) pagi. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok Jumat (15/5) siang menyambangi Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan singkatnya, Ahok melaporkan perkembangan pembangunan DKI Jakarta kepada Presiden RI serta menyampaikan penarikan proyek untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD-P).

Dalam pemaparannya, Ahok juga mengaku meminta pemerintah pusat untuk membantu DKI membangun sarana angkutan umum massal, Light Rail Transit (LRT).

"Ini saya laporkan, saya akan bentuk BLUD (Badan Layanan Umum Daerah, Red) sehingga transportasi massal berbentuk rel di bawah Dishubtrans DKI. Beliau (Jokowi, Red) inginnya ground breaking tahun ini," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat seusai mengunjungi Jokowi, Jumat siang.

Ahok kepada Jokowi minta agar pusat bersedia meringankan pembangunan infrastruktur dengan mengucurkan bantuan karena proyek ini memakan kurang lebih Rp 35 triliun.

Dengan pembangunan yang memakan biaya cukup fantastis ini, Ahok akan segera melakukan lelang kegiatan kepada kontraktor atau pengembang yang tertarik mengerjakan proyek LRT. Lelang akan dilakukan tengah tahun ini, kata Ahok.

Ahok berencana akan membangun LRT untuk mengatasi macet dan mempersiapkan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Dalam pembangunannya, Ahok mengatakan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), namun menggunakan kelebihan Koefisien Luas Bangun (KLB) dari para pengembang.

 “Kita mau minta mereka (para pengembang, Red) yang membangunkan LRT, jadi kita sudah sampaikan bagaimana dasarnya, apa pun temuannya, termasuk soal Asian Games kita juga beri informasi kepada mereka soal kemungkinan rute-rute yang akan kita lewati. Mereka semua tanggapannya bagus, setuju dan senang” ujar Ahok beberapa waktu lalu.

Pembangunan LRT direncanakan akan dimulai paling lambat tahun depan (2016) dengan lama pembangunan tiga tahun.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home