Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:54 WIB | Jumat, 16 Oktober 2015

Santri Diminta Berjihad Cegah Kejahatan Seksual Anak

Ilustrasi hari santri nasional. (Foto: Antaranews.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto, berharap kalangan santri bisa terlibat aktif dalam mencegah kejahatan seksual, terhadap anak sebagai salah satu bentuk jihad.

"Presiden Joko Widodo telah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Seiring dengan maraknya kasus kejahatan seksual terhadap anak, hal itu bisa menjadi momentum bagi kalangan santri untuk berjihad," kata Susantomelalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (16/10).

Anggota Komisi Pendidikan dan Pengkaderan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu mengatakan, hari santri perlu menjadi momentum bagi kalangan santri untuk memberikan sumbangannya mencegah kejahatan seksual terhadap anak dengan berbagai cara.

Menurut Susanto, kejahatan terhadap anak sudah dalam taraf membahayakan, tetapi tidak semua kasus terungkap kepada publik. Bila tidak ada tindakan secara besar-besaran atau masif yang nyata, maka Indonesia bisa kehilangan generasi yang berkualitas.

"Untuk menekan kasus kejahatan terhadap anak, upaya fundamental yang perlu dilakukan adalah perubahan pola pikir masyarakat yang permisif terhadap kekerasan menjadi tanpa kekerasan dan ramah anak," katanya.

Susanto mengatakan, kaum santri memiliki peran strategis, karena secara kultural dekat dengan masyarakat, ditokohkan dan menjadi figur tempat masyarakat berkonsultasi.

"Karena itu, KPAI mengajak kaum santri agar ikut mengampanyekan pentingnya mencegah kejahatan terhadap anak melalui berbagai forum, baik khutbah jumat, dakwah, majelis taklim, pembelajaran di pesantren, madrasah dan dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya," katanya. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home