Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:10 WIB | Kamis, 19 Februari 2015

Saran Unik Paus Fransiskus untuk Puasa Pra-Paskah

Paus Fransiskus memimpin doa bersama sebagai persiapan Sinode Keluarga pada 4 Oktober 2014 di alun-alun Santo Petrus di Vatikan. (Foto: AFP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Tidak perlu melakukan pantang cokelat, minuman keras, dan karbohidrat. Paus Fransiskus memiliki ide yang berbeda untuk puasa tahun ini.

Orang Kristen di seluruh dunia menandai awal Pra-Paskah hari ini dengan ibadah Rabu Abu. Hari raya kuno ini memiliki daya tarik modern. Imam dan pendeta sering memberi tahu Anda bahwa di luar Natal, banyak orang muncul ke gereja pada Rabu Abu daripada hari lain sepanjang  tahun—termasuk Paskah. Tapi mistik ini tidak diperuntukkan bagi orang-orang Kristen saja. Adat istiadat yang mengelilingi masa Pra-Paskah ini memiliki kualitas yang melampaui agama.

Mungkin yang paling penting dari Pra-Paskah adalah tindakan puasa. Jika umat Katolik berpuasa pada  Rabu Abu dan pada Jumat selama masa Pra-Paskah, banyak orang—religius atau tidak—mengambil disiplin yang makin populer sepanjang tahun ini.

Namun Paus Fransiskus, Rabu (18/2) telah meminta kita untuk mempertimbangkan kembali jantung kegiatan masa Pra-Paskah ini. Menurut Fransiskus, puasa tidak harus menjadi dangkal. Dia sering mengutip mistikus kekristenan awal Yohanes Krisostomus yang mengatakan: “Tidak ada tindakan kebajikan bisa menjadi besar jika tidak diikuti dengan keuntungan bagi orang lain. Jadi, tidak peduli berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk puasa, tidak peduli berapa banyak Anda tidur di lantai keras dan makan abu dan merapal terus menerus, jika yang Anda melakukan tidak baik untuk orang lain, Anda tidak melakukan apa pun yang besar.”

Tapi ini bukan untuk mengecilkan peran pengorbanan selama masa Pra-Paskah. Pra-Paskah adalah waktu yang baik untuk penebusan dosa dan penyangkalan diri. Tapi sekali lagi, Fransiskus mengingatkan kita bahwa kegiatan ini harus benar-benar memperkaya orang lain: “Saya tidak percaya tindakan kasih tanpa pengorbanan dan tanpa rasa sakit”

Jadi, jika kita akan berpuasa pada apa pun ini Pra-Paskah, Fransiskus menunjukkan bahwa daripada kita menghindari cokelat atau alkohol, lebih baik kita berpuasa pada ketidakpedulian terhadap orang lain.

Dalam pesan Pra-Paskah tahunan, Paus menulis, “Ketidakpedulian terhadap sesama kita dan terhadap Tuhan juga merupakan godaan nyata bagi kita orang Kristen. Setiap tahun selama masa Pra-Paskah kita perlu mendengar sekali lagi suara para nabi yang menangis dan masalah hati nurani kita.”

Menggambarkan fenomena ini dia menyebutnya sebagai globalisasi ketidakpedulian, Fransiskus menulis bahwa “setiap kali kehidupan batin kita menjadi terjebak dalam kepentingan dan keprihatinan sendiri, tidak ada ruang lagi bagi orang lain, tidak ada tempat bagi masyarakat miskin. Suara Tuhan tidak lagi terdengar, sukacita tenang cintanya tidak lagi dirasakan, dan keinginan untuk melakukan hal baik memudar.” Dia melanjutkan bahwa, “Kami akhirnya menjadi tidak mampu mempunyai perasaan welas asih pada tangisan kaum miskin, menangisi kesengsaraan orang lain, dan merasa perlu untuk membantu mereka, seolah-olah semua ini adalah tanggung jawab orang lain dan bukan milik kita sendiri.”

Tapi ketika kita berpuasa pada ketidakpedulian ini, kita bisa mulai berpesta kasih. Bahkan, Pra-Paskah adalah waktu yang tepat untuk belajar bagaimana untuk mencintai lagi. Yesus—tokoh protagonis besar pada masa suci ini—tentu menunjukkan kita jalan. Di dalam Dia, Allah turun ke dunia untuk membawa semua orang. Dalam hidupnya dan pelayanannya, tidak ada yang dikecualikan.

“Apa yang Anda korbankan untuk Pra-Paskah?” Ini pertanyaan untuk banyak orang  beberapa hari ke depan. Jika Anda ingin mengubah tubuh Anda, mungkin alkohol dan permen adalah yang dihindari. Tetapi jika Anda ingin mengubah hati Anda, puasa yang lebih sulit diperlukan. Jalan sempit ini berpasir, tetapi tidak steril. Ini akan membuat ruang dalam diri kita untuk mengalami cinta yang bisa membuat kita utuh dan membebaskan kita.

Sekarang itulah sesuatu yang layak untuk Anda berpuasa. (Time.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home