Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:29 WIB | Jumat, 07 Februari 2014

Sarkofagus Berisi Tubuh Perempuan Ditemukan di Pemakaman Mesir Kuno

Contoh Mastaba, pemakaman Mesir kuno. (Foto: wikipedia.com)

DAKAHLIYA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah sarkofagus (tempat menyimpan jenazah) berisi tubuh perempuan ditemukan di mastaba (pemakaman Mesir kuno), Provinsi Dakahliya, Mesir, demikian yang disampaikan media Mesir, al-Ahram pada Jumat (7/2).

Sarkofagus yang terbuat dari batu kapar itu ditemukan selama penggalian dalam rangka misi arkeologi di situs arkeologi Tel Tabla yang berada di timur laut Kairo. Para arkeolog yang terlibat memperkirakan sarkofagus tersebut berasal dari periode akhir Mesir kuno.

Area pemakaman tersebut terdiri atas sejumlah barisan makam.

Menteri Kepurbakalaan, Mohamed Ibrahim, mengatakan bahwa dalam salah satu barisan makam, para penggali menemukan sebuah sarkofagus.

Sarkofagus itu berisi tubuh seorang perempuan bernama Werty. Terdapat ukiran teks doa Mesir kuno dan siluet Werty di penutup sarkofagus tersebut.

Aly El-Asfar, kepala seksi Mesir Kuno di Kementerian Kepurbakalaan mengatakan sarkofagus tersebut memiliki tinggi 177 cm serta lebar 70 cm, dan tubuh Werty terbaring di dalamnya dengan keadaan sangat baik.

Ibrahim menambahkan, selain sarkofagus, tim juga menemukan 180 patung ushabti, yaitu patung yang biasanya ditempatkan di pemakaman pada peradaban Mesir kuno. Patung tersebut terbuat dari kayu dan batu kapur yang diukir.

El-Asfar menyatakan, “semua patung yang ditemukan kini telah dipindahkan ke laboratorium arkeologi di Tel Tabla untuk dipugar kembali.” (ahram.org/alarabiya.net)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home